Peminat MT-II Meningkat, Ketua DPRD Lebong Dukung dan Apresiasi Masyarakat

0
2697

Lebong – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong menyukseskan program Musim Tanam Kedua (MT-II) 2023 terus dimaksimalkan. Baru-baru ini melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Lebong telah mendistribusikan sebanyak 78 unit handtractor di Halaman Kantor Disperkan Lebong, pada tanggal (27/04/2023) lalu.

Alsintan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Lebong, Kopli Ansori dan diterima oleh 50 Pemerintah Desa (Pemdes) yang siap dan akan mengikuti program MT-II 2023.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lebong, Carles Ronsen saat diminta tanggapan terkait hal tersebut menyampaikan, sebagai wakil rakyat tentu kami sangat mendukung upaya yang dilakukan Pemkab untuk mensukseskan dan mensejahterakan masyarakat Lebong melalui program tersebut.

Carles meminta kepada Pemdes agar dapat memaksimalkan seluruh sarana dan prasarana yang akan ataupun yang sudah didistribusikan serta mensosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat akan manfaat dan tujuan program MT-II sehingga masyarakat siap mengikutinya.

“Ya, sebagai perpanjangan tangan Pemerintah, kita minta Pemdes untuk mensosialisasikan dan mengikuti program MT-II secara maksimal,” ujarnya. Senin, 08 Mei 2023.

Lanjut Carles menyampaikan, kita juga mengapresiasi minat masyarakat untuk mengikuti program MT-II tahun ini, berdasarkan data dan laporan di tahun 2023 minat masyarakat untuk mengikuti program MT-II meningkat signifikan jika bandingkan dua tahun terakhir.

Hamparan sawah masyarakat dan antusias mengikuti program MT-II Yang menjadi program unggulan Pemkab Lebong

Dijelaskan Carles sebelumnya, tahun 2021 lalu program MT-II seluas 55 hektar dan pada tahun 2022 bertambah menjadi 365 hektar, untuk tahun 2023 ini mengalami kenaikan yang signifikan dengan luas baku hamparan sawah yang ikut program MT-II sekitar 2000 hektar lebih.

“Tentu kita juga mengapresiasi. Walaupun belum menyeluruh, setidaknya tahun ini minat masyarakat untuk mengikuti program MT-II meningkat signifikan,” ungkapnya.

Menurutnya, peningkatan ini terjadi karena masyarakat sudah mengetahui tujuan dan merasakan secara langsung manfaat program MT-II ini, apalagi Pemda siap mensupport para petani.

Untuk menekan biaya produksi para petani Pemda Lebong melalui Disperkan telah menyiapkan berbagai macam bantuan seperti pupuk, pestisida, bibit dan alsintan gratis.

Selain Pemda melalui Disperkan program MT-II juga akan membantu oleh Pemdes masing-masing, melalui anggaran ketahanan pangan minimal 20 persen khusus untuk program MT-II, sehingga para petani tidak perlu hawatir untuk membayar sewa handtractor membeli bibit dan sebagiannya.

“Program MT-II merupakan program yang menguntungkan masyarakat dan hasilnya juga untuk masyarakat, kita berharap melalui program MT-II ini bisa mensejahterakan dan membahagiakan masyarakat Lebong,” pungkasnya. (ABE/Adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini