Banjir Rendam Sawah Warga Lebong Selatan, Bupati Minta BPBD Bertindak

0
1905
Banjir Rendam Sawah Warga Lebong Selatan, Bupati Minta BPBD Bertindak

Lebong – Hujan deras mengguyur Kabupaten Lebong pada Sabtu malam (19/8) lalu sekitar pukul 19.00 WIB. Akibatnya, sejumlah sawah dan pemukiman warga tergenang banjir di wilayah Lebong Selatan.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), sawah terendam dan rumah warga jebol hingga membuat genangan air di jalan.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Lebong, Tantomi melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Fadil didampingi Kasubbid Pencegahan, Masayu Uminil Hana menjelaskan, banjir Sabtu (19/8) lalu terparah jika dibanding dengan beberapa hari sebelumnya.

“Kita sudah terima laporan ada rumah bangunan jebol dan ada sawah terendam banjir,” ujarnya saat meninjau ke lokasi sawah terdampak. Senin, 21 Agustus 2023.

Ia menambahkan, aliran air di Teluk Nusai membuat lantai dinding dan sawah warga di Desa Suka Sari dan Kutai Donok Kecamatan Lebong Selatan, jebol dan terendam banjir.

Banjir Rendam Sawah Warga Lebong Selatan, Bupati Minta BPBD Bertindak

“Tim sudah turun melakukan proses pendapataan,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Kabupaten Lebong, Hedi Parindo melalui Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Jimmy Tri Susilo menambahkan, imbas banjir itu tidak terlalu berpengaruh pada program MT-II di daerah itu.

“Posisi sawah itu rusak ringan, cuma di hulu saja yang rusak,” ungkapnya.

Dia menerangkan, ada 50 hektare sawah yang ikut MT-II di Desa suka Sari. “Ini yang ikut MT-II sebanyak 50 hektare. Tapi, yang terkena banjir hanya di hulu saja,” tutup Jimmy.

Menanggapi itu, Bupati Lebong, Kopli Ansori meminta SKPD untuk respon cepat dalam kerugian yang dialami warga itu. Mengingat beberapa bidang sawah milik warga setempat sedang turun tanam MT-II.

“Kami berdoa semoga tidak berdampak pada masyarakat Kutai Donok dan Suka Sari,” tutup Kopli. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini