Vidcon Bersama Wapres, Wabup Lebong: MT-II Tangkal Dampak El-Nino

0
674
Vidcon Bersama Wapres, Wabup Lebong: MT-II Tangkal Dampak El-Nino

Lebong – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78, Kodim 0409 Rejang Lebong melaksanakan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan dengan cara turun tanam yang dipusatkan di Semelako II Kecamatan Lebong Tengah, Kabupaten Lebong sekira pukul 10.00 WIB. Rabu, 01 November 2023.

Wakil Bupati (Wabup) Lebong, Fahrurozi, mengapresiasi para petani yang antusias untuk melaksanakan turun tanam di tengah musim kemarau maupun di tengah ancaman El-Nino.

“Berulang kali kita ingatkan agar masyarakat semangat melaksanakan turun Tanam Dua Kali (MT-II) karena program ini adalah untuk mensejahtrerakan masyarakat, dari masyarakat untuk masyarakat,” ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi para penyuluh yang selama ini melakukan pendampingan terhadap para petani yang ikut program MT-II pada tahun 2023 ini.

“Mungkin ya, PPL ini bersama pak Bupati sering turun ke sawah. Alhamdulillah, kita sama-sama menyaksikan apa yang terjadi hari ini,” timpalnya.

Vidcon Bersama Wapres, Wabup Lebong: MT-II Tangkal Dampak El-Nino

Wabup juga mengimbau untuk dilakukan percepatan turun tanam mengantisipasi dampak dari El-Nino atau Pemanasan Global, dan meminta Pemerintah Desa (Pemdes) menyiapkan tedmon dan kendaraan untuk antisipasi kekeringan air bersih.

“Pastinya dampak dari el-nino dampak kekeringan dan bahaya kebakaran,” pungkasnya.

Informasi diperoleh, turun tanam dilaksanakan monitoring vidcon dengan Wakil Presiden KH. Maruf Amin.

Dalam arahannya, Wakil Presiden, KH. Maruf Amin menyampaikan, bahwa dirinya didampingi Menteri Pertanian, Panglima TNI, serta Kapolri melaksanakan pengecekan diseluruh jajaran Kodam Kodam melalui vidcon yang ada di Indonesia.

“Oleh Karena itu saya sampaikan kita ini banyak lahan lahan tidur. Untuk itu, kita betul-betul mengoptimalkan lahan lahan tidur tersebut untuk menjadi lahan produktif,” katanya.

Vidcon Bersama Wapres, Wabup Lebong: MT-II Tangkal Dampak El-Nino

Lanjut dia menjelaskan, untuk program pemerintah pusat dan TNI ini selain operasi perang ada juga operasi selain perang yang sudah diatur didalam undang undang diantaranya mengatasi kesulitan masyarakat yang ada di Indonesia.

“Dengan adanya program gerakan ketahanan pangan yang dilakukan oleh TNI semoga kita bisa mengatasi kesulitan kelangkaan masalah pangan yang ada di wilayah yg terdampak perubahan cuaca elnino di indonesia,” tegasnya.

Acara dihadiri langsung Dandim 0409 Rejang Lebong, Letkol Infanteri M Renaldy Herbowo yang dihadiri Kasdim Mayor ARH M Zaini didampingi Bupati Lebong, Kopli Ansori yang diwakilkan Wabup Lebong Fahrurozi.

Turut hadir, Sekda Lebong Mustarani Abidin, Kapolsek Lebong Tengah IPTU Tulus Wibowo, Kadis Ketahanan Pangan Lebong, Tina Herlina, Kadis Pertanian dan Perikanan Lebong, Hedi Parindo, sejumlah Kepala SKPD serta Kajari Lebong yang diwakili Kasi Intel, Kepala Pengadilan Negeri Tubei yang diwakili Simon Carles Sitorus. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini