Perjuangkan 5 Desa Terpencil, Bupati Kopli Kunjungi Kemendes PDTT

0
1957
Perjuangkan 5 Desa Terpencil, Bupati Kopli Kunjungi Kemendes PDTT

Lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong kunjungi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT RI) di Jakarta. Senin, 15 Mei 2023.

Topik utama kunjungan tersebut dalam upaya meningkatkan tarap hidup 5 Desa kategori tertinggal, terdepan, dan terluar di wilayah Lebong.

Bupati Lebong, Kopli Ansori dalam keterangannya mengatakan, kunjungan tersebut merupakan upaya mengajukan usulan sejumlah kegiatan untuk percepatan pembanggunan sarana dan prasarana pedesaan di Lebong.

“Ini semua kita lakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kemajuan Lebong kedepan, roposal sudah kita sampaikan dan sudah diterima langsung pihak Dirjen,” ujar Bupati Kopli.

Ia menambahkan Kementrian PDTT dapat mendukung pembangunan Lebong dengan memasukan Lebong sebagai objek kegiatan strategis Kementrian Desa seperti yang telah dipaparkan sebelumnya.

“Semoga dengan kedatangan kami mendapatkan solusi dari pihak Kementrian Desa dan untuk dapat menuntaskan berbagai masalah yang terjadi di Lebong. Terutama desa-desa yang aksesnya masih sulit,” harap Bupati.

Perjuangkan 5 Desa Terpencil, Bupati Kopli Kunjungi Kementerian PDTT

Senada disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong, Mustarani Abidin, setidaknya ada lima Desa terpencil diusulkan pihaknya masuk ke dalam skala prioritas tahun anggaran 2024 mendatang. Kelima Desa itu, yakni berada di Kecamatan Topos dan Kecamatan Pinang Belapis.

“Kita usulkan pembangunan sarana dan prasarana desa Sungai Lisai dan desa-desa yang sulit aksesnya,” ucap Sekda.

Sampai saat ini ada lima Desa terpencil yang sudah diusulkan ke Pemerintah Pusat. Selanjutnya pemerintah pusat yang menentukan apakah akan dibangun ataupun tidak, pihaknya hanya mengusulkan saja.

“Kita harapkan dengan banyak nya yang mengusulkan bantuan, bisa banyak desa yang mendapatkan bantuan tersebut,” tegas Sekda Mustarani.

Kedatangan rombongan Bupati itu diterima langsung Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Dirjen PDP Kemendes PDTT), Sugito.

Pertemuan di Jakarta itu dihadiri Bupati Lebong, Kopli Ansori didampingi Sekda Lebong, Mustarani Abidin, Kadis PMD Lebong, Reko Haryano, Kepala Bappeda, Zulhendri, Kepala BKD Lebong, Erik Rosadi, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Lebong, Fendi beserta rombongan. (ABE/PMS20/Adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini