Mau Pasang Listrik Gratis?, Ini Syaratnya

0
1585
Mau Pasang Listrik Gratis?, Ini Syaratnya

Bengkulu – Kabar gembira bagi seluruh masyarakat, Pemerintah Provinsi Bengkulu kembali meluncurkan program Bantuan Pasang  Baru Listrik (BPBL) secara gratis untuk masyarakat tidak mampu.

Tidak main-main, tahun 2024 ini. Provinsi Bengkulu mendapatkan kouta sebanyak 1.230 pemasangan baru dari Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral.

Dikatakan Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, Donni Swabuana, program BPBL merupakan program kerjasama antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Bengkulu. Penganggarannya, bersumber dari APBN dan APBD.

“Sasarannya, masyarakat tidak mampu dan belum belum terdaftar sebagai pelanggan PLN (Perusahaan Listrik Negara). Bagi masyarakat yang nama dan NIK nya pernah terdaftar di PLN Mobile tidak bisa lagi diikutkan dalam program ini. Baik terdaftar untuk pribadinya atau meminjamkan KTP kepada orang lain,” terang Doni Swabuana melalui rekaman suara WhatsApp. Selasa, 16 Januari 2024.

Kemudian, syarat untuk mendapatkan program ini, lokasi rumahnya telah tersedia jaringan listrik serta diajukan oleh Pemerintah Desa atau Kelurahan.

“Kalau tidak ada jaringan listrik, tidak bisa juga kita pasangkan listriknya. Usulan masyarakat calon Penerima Manfaat  disampaikan melalui Pemerintah Desa atau Pemerintah Kabupaten/Kota masing-masing. Sebab, kita akan meminta usulan dari seluruh Pemda. Jika Pemkab atau Pemdesnya low respon, masyarakat bisa langsung menghubungi hotline (Nomor handphone) Dinas ESDM,” tambah alumnus Universitas Sriwijaya ini.

Dalam empat bulan ke depan, pihaknya akan segera melakukan sosialisasi dan pendaftaran serta verifikasi calon penerima manfaat.

“Terpenting, rumah Calon Penerima Manfaat merupakan milik pribadi, bukan rumah sewaan. Harus dibuktikan dengan dokumen kepemilikan, baik surat tanah atau pun sertifikat rumah. Sebab, ini program subsidi untuk masyrakat tidak mampu,” pungkasnya. (Dwa212).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini