Kunjungi Lebong, Tim Perpusnas RI Cek Lokasi Pembangunan Perpusda

0
786

Lebong – Dalam rangka kegiatan penyusunan dan pembahasan rencana kegiatan DAK 2024, Perpustakaan menurunkan tim yang terdiri dari Arief Budiman selaku Perencana Ahli Muda dan Achman Iwan Ardiansyah selaku Pustakawan Ahli muda ke Kabupaten Lebong. Rabu, 05 Juni 2023.

Kedatangan tim verifikator ini disambut langsung Bupati Lebong, Kopli Ansori yang diwakilkan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lebong, Nurmanhuri beserta jajaran. Turut hadir perwakilan dari Bappeda Lebong, DLH, serta Bidang Jarkon Dinas PUPR-P Lebong

Kedatangan mereka dalam rangka verifikasi lapangan lokasi prioritas Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Sub Bidang Perpustakaan Tahun 2024 di Provinsi Bengkulu.

Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Perpustakaan Nasional RI, Dr. Joko Santoso melalui Perencana Ahli Muda, Arief Budiman mengatakan, peninjauan lokasi lahan pembangunan ini merupakan tindak lanjut dari usulan Bupati Lebong, Kopli Ansori dengan Perpustakaan Nasional di Jakarta pada bulan Februari 2023 lalu.

“Kami ingin meninjau bangunan perpustakaan untuk Lebong yang menjadi kelas 1 prioritas untuk mendapatkan DAK 2024,” ujarnya.

Menurutnya, peninjauan ini untuk melihat apakah lokasi lahan yang diusulkan Pemkab Lebong tersebut layak atau tidak. Meskipun prioritas, suntikan DAK 2024 ini bisa saja batal.

“Kami disini ingin meninjau apa sejauh mana lokasi yang diajukan, apakah sudah layak atau tidak. Walaupun sudah masuk, namun belum menjamin apakah Lebong mendapatkan Dana DAK atau tidak tahun depan,” katanya.

Menurutnya, untuk tahun 2024 mendatang ada dua lokus mendapatkan DAK pembangunan perpustakaan, yakni Provinsi Bengkulu dengan pagu Rp 15 miliar, dan Kabupaten Lebong sebesar Rp 10 miliar.

Kunjungi Lebong, Tim Perpusnas RI Cek Lokasi Pembangunan Perpusda

“Dari informasi yang kami terima dari pak kadis, ada beberapa usulan yang akan kami verifikasi,” sebutnya.

Di sisi lain, ia berharap, posisi gedung perpustakaan ini nanti dekat dengan masyarakat. Sehingga, masyarakat lebih mudah untuk mendatangi perpustakaan tersebut.

“Nanti gedung ini untuk layanan dan harus dekat dengan masyarakat. Kalau bisa dekat dengan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lebong, Nurmanhuri mengutarakan, kegiatan survei ini dalam rangka persiapan pembangunan perpustakaan di Bumi Swarang Patang Stumang.

“Yang jelas pemerintah kabupaten Lebong, Dimana lokasi yang tepat, pemerintah kabupaten siap,” ucap Kadis.

Ia menjelaskan, ada beberapa alternatif lahan milik Pemkab Lebong yang sudah disiapkan untuk lokasi pembangunan perpustakaan, yakni belakang Aula Pemda Lebong.

Kemudian, lahan kosong samping gedung PKK Pemkab Lebong, serta lahan kosong samping Camat Tubei.

“Kalau dari tiga titik ini menurut Perpusatakaan Nasional tidak layak, kami siap mencari lokasi lain,” tutup Kadis. (ABE/PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini