Lebong BISAA, Aplikasi Jualan Online Inovasi Perindagkop-UKM

0
975

Lebong – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Perindagkop-UKM) Kabupaten Lebong, menyiapkan aplikasi untuk jualan komoditas pasar tradisional secara online. Aplikasi itu bernama Lebong BISAA (Bisnis Apa Aja).

Kadis Perindagkop-UKM Lebong, Mahmud Siam mengatakan, era digitalisasi dituntut agar lebih kreatif dan harus mampu menterjemahkan setiap program Pemerintah.

“Bupati Lebong, Kopli Ansori dalam upayanya untuk mewujudkan masyarakat Lebong yang bahagia dan sejahtera menginginkan gagasan yang brilian sehingga kita bisa berkembang dan berinovasi,” ujarnya. Kamis, 26 Januari 2023.

Untuk menjawab dan merealisasikan keinginan Bupati tersebut Perindagkop-UKM Lebong akan membuat semacam aplikasi yang kami namakan BISAA dengan tujuan untuk memfasilitasi para pelaku usaha untuk memasar produk usaha mikro, kecil, dan menengah produksi dalam Negeri.

“Nanti kita akan buat aplikasi Lebong BISAA (Bisnis Apa Aja) untuk para pelaku usaha atau UMKM di Lebong mengupload produknya di aplikasi ini,” sampai Mahmud.

Mahmud menjelaskan, aplikasi ini khusus menyediakan berbagai produk UMKM Kabupaten Lebong yang dapat diakses untuk berbelanja oleh aparatur sipil negara, instansi Pemerintahan, swasta, hingga seluruh lapisan masyarakat.

Sebagai penguat, pihaknya akan menunjuk satu orang sebagai komunitas di setiap desa ataupun kecamatan untuk bergabung di aplikasi toko daring ini.

“Untuk menguat penggunaannya, nanti di desa ada juga komunitas satu orang sebagai admin Lebong BISAA. Maksudnya, komunitas ini akan kita bina, untuk cara mengupload dan memasarkan produk usaha di Lebong,” bebernya.

Lebih jauh Mahmud berharap aplikasi ini tidak hanya digunakan bagi pegawai dan perangkat daerah saja melainkan seluruh masyarakat terutama di Kabupaten Lebong untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Target kita untuk mengejar ketertinggalan pasar menjadi pasar digital. Harapan kita seluruh pelaku UMKM tersedianya fasilitas untuk berjualan,” harap Mahmud.

Jika tidak ada kendala, kedepannya aplikasi Lebong BISAA ini akan dilaunching resmi oleh Bupati Kopli Ansori.

“Nanti, akan kita launching secara resmi. Sekarang masih tahap persiapan,” tutup Mahmud. (ABE/PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini