MT-II Melebihi Target, Upaya Pemkab Sejahterakan Masyarakat Lebong

0
690
MT-II Melebihi Target, Upaya Pemkab Sejahterakan Masyarakat Lebong

Lebong – Beberapa titik di Desa Suka Damai Kecamatan Lebong Tengah, Kabupaten Lebong, dikabarkan mengalami kegagalan panen akibat lahan sawah mereka diserang hama tikus.

Namun demikian, kegagalan itu bukanlah sebuah akhir dalam menjalankan program Musim Tanam Kedua (MT-II). Sebab, masih ada ribuan hektar proses penggarapan mulai dari penggarapan lahan hingga tinggal menunggu panen raya.

Data Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Kabupaten Lebong, setidaknya ada 2.002 hektar lahan milik warga siap mengikuti program MT-II tahun 2023. Ribuan hektar tersebar di 50 Desa/Kelurahan dalam wilayah 8 Kecamatan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Perkan Lebong, Hedi Parindo, pihaknya menegaskan kegagalan berbanding jauh dengan ribuan hektar yang akan berhasil.

“Jumlah lahan tersebut dipastikan bertambah seiring masih banyak wilayah Desa/Kelurahan yang belum menyerahkan data lahan yang akan ikut MT-II di Tahun ini,” ujar Hedi, Rabu, 21 Juni 2023.

MT-II Melebihi Target, Upaya Pemkab Sejahteraan Masyarakat Lebong

Menurutnya, Desa Suka Damai yang terserang hama belum bisa disimpulkan bahwa mitos terbantahkan. Sebab, presentase keberhasilan justru lebih tinggi dibanding yang terserang hama.

‘’Tapi yang jelas 2.002 hektare lahan yang sudah siap, bahkan sudah ada yang mulai turun tanam, melebihi target MT-II tahun 2023 yaitu 1.300 hektare,” tegas Hedi.

Terpisah, Bupati Lebong, Kopli Ansori mengakui bahwa MT-II kali ini sedikit banyak tantangannya. Sebab, program pengendalian hama yakni berburu tikus tidak seperti tahun sebelumnya.

Terlepas dari itu, masih ada sekitar 2.000 Hektar sawah yang dalam proses penggarapan. Bahkan, masuk masa tunggu panen raya.

“Kita doakan saja yang lain akan berhasil, tetap optimis, masyarakat utamanya petani sejahtera itu target kita. Masih ada 2.000 Hektare, kita bersyukut Tahun ini melebihi target,” singkat Bupati Kopli. (PMS20/Adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini