Hadiri Pelatihan Bela Negera, Bupati Kopli: Bersama Perangi Radikalisme dan Terorisme

0
860

Lebong – Bupati Kabupaten Lebong menghadiri Pelatihan Bela Negara Aparatur Desa se-Kabupaten Lebong, yang digelar di Dodik Bela Negara Rindam III Siliwangi. Selasa, 06 Juni 2023.

Tercatat setidaknya sebanyak 83 perangkat Desa ikut andil dalam pelatihan penanaman cinta tanah air tersebut.

Bupati Lebong, Kopli Ansori, mengatakan, kelembagaan Pemerintah Desa (Pemdes) yang dipimpin oleh Kepala Desa yang harus dilatih, karena memiliki aspek kehidupan yang sangat luas mencakup tupoksi Kepala Desa (Kades). Diantaranya, Pemdes, pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan, dan Pemberdayaan Masyarakat.

“Pelatihan ini dalam upaya, maupun proses perwujudan tujuan adanya Pemdes yakni masyarakat yang makmur dan sejahtera secara merata diseluruh wilayah Desa,” ujar Bupati Kopli.

Bagi Bupati Kopli, Desa adalah tumpuan, sendi dari bangsa dan negara, prototipe negara adalah Desa, jika Desa bagus, makmur, mandiri dan berswasembada maka negara dan bangsa akan maju lebih pesat.

Wawasan kebangsaan itu penting, ideologi Pancasila dan UUD 45 harus kuat untuk menangkal ideologi radikal yang berbahaya seperti terorisme.

Hadiri Pelatihan Bela Negera, Bupati Kopli: Bersama Perangi Radikalisme dan Terorisme

Pendidikan Bela Negara yang diagendakan akan digelar selama tiga hari ini dipandang relevan dan strategis, di samping untuk pembinaan pertahanan negara juga berguna untuk meningkatkan pemahaman dan penanaman jiwa patriotisme dan cinta tanah air.

“Hal ini selaras dengan amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan Peraturan Turunannya,” tegas Politisi PAN itu.

Dari pernyataan tersebut, sangat berat tugas yang diemban oleh Kades dan jajaran sebagai motor penggerak di Desa. Demi terciptanya kondisi sosial, ekonomi masyarakat, dan Pemdes yang kukuh dan mampu tumbuh secara mandiri dan berkelanjutan.

“Untuk itu diperlukan kapasitas dan kemampuan Kades terutama baru terpilih diawal masa jabatan perlu ditingkatkan melalui pelatihan agar terciptanya Kades yang berkualitas dan mampu membawa Desa maju dan mandiri,” tutup Bupati termuda di Provinsi Bengkulu tersebut.

Selain Bupati Lebong, Kopli Ansori, hadir juga Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lebong, Reko Haryanto, serta diikuti 83 Pemdes serta tamu lainnya. (PMS20/Adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini