Gelar Penjajakan, Dukcapil Lebong Dikunjungi Dukcapil Rejang Lebong

0
1020
Dukcapil Lebong Dikunjungi Dukcapil Rejang Lebong

Lebong – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebong menerima kunjungan studi banding Dukcapil Kabupaten Rejang Lebong sekitar pukul 10.05 WIB. Senin, 18 September 2023.

Kedatangan Dukcapil Rejang Lebong ini diwakili langsung Kasi kerjasama dan kasi inovasi berserta tim Dinas Dukcapil Rejang Lebong.

Kedatangan rombongan diterima langsung Kadis Dukcapil Lebong, Budi Setiawan melalui Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP), Tri Handayani beserta jajaran.

Kepada wartawan, Kabid PDIP Dinas Dukcapil Lebong, Tri Handayani mengutarakan, dalam studi banding ini, tim Dinas Dukcapi Rejang Lebong ingin melihat secara langsung seperti apa sistem pelayanan dan juga optimalisasi berbagai bentuk inovasi yang dilakukan di Dinas Dukcapil Lebong.

“Tujuannya ke Dukcapil Lebong, yaitu untuk mengetahui sudah berapa OPD atau lembaga pengguna yang telah bekerjasama dengan Dukcapil terkait akses pemanfaatan data kependudukan dalam peningkatan pelayanan publik,” ujarnya.

Dukcapil Lebong Dikunjungi Dukcapil Rejang Lebong

Lebih jauh, ia menyatakan, Dukcapil Rejang Lebong juga ingin mengetahui bagaimana konektivitas dalam akses data tersebut serta.

“Mereka berkunjung juga dalam rangka belajar tentang strategi dalam mengajak lembaga pengguna pelayanan publik dalam memanfaatkan data kependudukan melalui web portal sesuai dengan Permendagri Nomor 102 tahun 2019 tentang pemberian hak akses dan pemanfaatan data kependudukan,” imbuhnya.

Dalam kunjungan tersebut, Tri juga menyampaikan terkait dengan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) secara online. Masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan, seperti KK, KTP-el, akte kelahiran tidak perlu lagi datang ke Kantor Dinas Dukcapil, hanya tinggal mengakses layanan akta kelahiran online.

“Mereka mempelajari layanan online. Seperti layanan berbasis android, layanan berbasis website, dan juga sapras yang diperlukan guna mendukung layanan online. Karena sekarang kita harus mengikuti perubahan yang mengarah ke digital,” tutupnya. (PMS20/Adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini