Bukti Pemkab Dukung Ketahan Pangan Nasional, Dua Desa Kembali Panen Raya MT-II

0
908
Bukti Pemkab Dukung Ketahan Pangan Nasional, Dua Desa Kembali Panen Raya MT-II

Lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama Pemerintahan Desa (Pemdes) dan Masyarakat di dua Desa yakni Desa Nangai Tayau Kecamatan Amen dan Desa Bukit Nibung Kecamatan Bingin Kuning menggelar Panen Raya Program Musim Tanam Kedua (MT-II) di tahun ini.

Bupati Lebong, Kopli Ansori didampingi Wabup Lebong, Fahrurrozi sangat mengapresiasi kesuksesan desa Nangai Tayau dan Desa Bukit Nibung yang sukses melaksanakan program MT-II di Desa tersebut.

“Berulang kali kita ingatkan agar masyarakat semangat melaksanakan MT-II karena program ini adalah untuk mensejahtrerakan masyarakat, dari masyarakat untuk masyarakat,” ujar Bupati Kopli. Selasa, 24 Oktober 2023.

Ia juga mengapresiasi para penyuluh yang selama ini melakukan pendampingan terhadap para petani yang ikut program MT-II pada tahun 2023 ini.

“Mungkin ya, PPL ini bersama Bupati sering turun ke sawah. Alhamdulillah, kita sama-sama menyaksikan apa yang terjadi hari ini,” timpalnya.

Bupati juga mengimbau untuk dilakukan percepatan turun tanam mengantisipasi dampak dari el-nino atau pemanasan global, dan meminta pemdes menyiapkan tedmon dan kendaraan untuk antisipasi kekeringan air bersih.

Bukti Pemkab Dukung Ketahan Pangan Nasional, Dua Desa Kembali Panen Raya MT-II

“Pastinya dampak dari El-Nino dampak kekeringan dan bahaya kebakaran,” pungkasnya.

Terpisah, Kadis Pertanian dan Perikanan Lebong, Hedi Parindo menyebutkan, bahwa proses Panen Raya perdana di Desa Nangai Tayau.

“Kisaran dengan luas kurang lebih 40 Hektare, dengan produktivitas sekitar 7,6 ton per hektare,” ujar Kadis.

Lanjutnya, hasil ubinan di Desa Bukit Nibung melampau taget Panen Raya, yakni mencapai 10,4 ton per hektare. Dari total lahan 120 hektar dengan luasan kepesertaan 40 hektare.

“Ini berdasarkan pembinaan yang dilakukan oleh kawan-kawan penyuluh,” singkat Hedi.

Selanjutnya, Pj Kades Bukit Nibung, Heri mengucapkan terima kasih kepada Bupati Lebong, Kopli Ansori beserta jajarannya. Termasuk Camat Bingin Kuning, Meika Rizka yang berhasil merangkul seluruh kades di wilayah Bingin Kuning untuk ikut program MT-II.

Bukti Pemkab Dukung Ketahan Pangan Nasional, Dua Desa Kembali Panen Raya MT-II

“Untuk Pemerintah Kabupaten Lebong juga telah mensuport penuh baik itu alat hingga bantuan lainnya supaya program MT-II ini bisa berjalan,” katanya.

“Tentu kita berharap, program pro rakyat ini dapat kembali berjalan pada tahun 2024 mendatang. Kalau masyarakat, harapannya program ini pada tahun mendatang kembali digelar,” tutup Kades.

Pantauan dilapangan, di Desa Bukit Nibung, Bupati bersama Wabup dan Sekda, Dandim ikut menyerahkan secara secara simbolis BLT DD Tahap III kepada sejumlah KPM di Desa Bukit Nibung.

Panen raya ditandai dengan pemotongan batang padi oleh Bupati Lebong, Kopli Ansori yang didampingi Wabup Lebong, Fahrurrozi Dandim 0409 Rejang Lebong, Letkol Infanteri M Renaldy Herbowo beserta jajaran.

Turut Sekda Lebong Mustarani Abidin, Kadis Pertanian dan Perikanan Hedi Parindo beserta jajaran, Sejumlah Kepala SKPD, Asisten dan Staf Ahli, Camat, Penjabat Kades Nangai Tayau dan Penjabat Kades Bukit Nibung beserta jajaran, Pendamping Desa, serta perwakilan pihak lainnya. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini