Tingkatkat Minat Literasi, Pemkab Lebong Terima 10 Juta Bahan Bacaan Perpustakaan Desa dan Taman Baca Masyarakat

0
52
Tingkatkat Minat Literasi, Pemkab Lebong Terima 10 Juta Bahan Bacaan Perpustakaan Desa dan Taman Baca Masyarakat

Lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong ditetapkan menjadi salah satu penerima 10 juta bahan bacaan bermutu untuk Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

Proses penyaluran bantuan itu diserahkan saat acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Perpusnas RI. Jum’at (17/5) kemarin.

Plt Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lebong, Edi Suhaimi melalui Kabid Pengembangan Perpusatakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Muhammad Yunus, SKM., MPH mengatakan, bantuan itu selain bertujuan mendorong dan memotivasi Perpusdes dan TBM dalam meningkatkan kegemaran membaca dan kecakapan literasi.

“Bantuan ini juga dihajatkan untuk mendukung merdeka belajar dan kampus merdeka serta peningkatan mutu perpustakaan,” ujar Yunus. Kamis, 23 Mei 2024.

Sementara itu, lanjut Yunus, untuk desa/kelurahan mana saja yang akan menerima bantuan itu meliputi Kelurahan Rimbo Pengadang Kecamatan Rimbo Pengadang, Desa Manai Blau dan Tik Jeniak Kecamatan Lebong Selatan, Desa Pelabuhan Talang Liak Kecamatan Bingin Kuning.

Tingkatkat Minat Literasi, Pemkab Lebong Terima 10 Juta Bahan Bacaan Perpustakaan Desa dan Taman Baca Masyarakat

Sedangkan, untuk TBM meliputi Desa Ladang Palembang dan Kampung Dalam Kecamatan Lebong Utara, Desa Embong, Kota Baru, dan Desa Tangua Kecamatan Uram Jaya, Desa Nangai Tayau dan Sungai Gerong Kecamatan Amen.

Lalu Desa Pelabuhan Talang Liak dan Desa Talang Liak 1 Kecamatan Bingin Kuning, dan Desa Suka Bumi Kecamatan Lebong Sakti.

Ditambahkan Yunus, bantuan ini sebagai bentuk gerakan pencanangan gerakan literasi desa di Kabupaten Lebong.

Literasi merupakan kemampuan seseorang dalam memaknai informasi, baik berupa teks maupun nonteks, yang berdampak pada berpikir kritis untuk meningatkan kualitas hidupnya. Artinya, literasi tidak hanya soal kemampuan numerik dan berbahasa, tetapi juga kemampuan pemahaman, pemaknaan, evaluasi, dan sintesis informasi untuk kualitas hidup.

“Harapan kita dengan bantuan buku bacaan ini mudah-mudahan minat baca msyarakat dan pelajar dapat meningkat, sehingga SDM kita berkualitas dan mampu bersaing dengan demikian selaras dengan program bapak bupati meningkatkan kualitas SDM dan tercapai masyarakat Lebong Bahagia Sejahtera,” tutup Yunus. (PMS20/ADV)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini