Pemkab Lebong Sebut Jadwal Operasi Katarak Gratis Diundur, Berikut Alasannya

0
49
Pemkab Lebong Sebut Jadwal Operasi Katarak Gratis Diundur, Berikut Alasannya

Lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan menggelar operasi katarak tanpa dipungut biaya alias gratis yang semula dijadwalkan 29-30 Juni 2024, nyatanya diundur menjadi tanggal 6-7 Juli 2024.

Kadis Kesehatan Kabupaten Lebong, Rachman Kepala Bidang P2P Evan Martha mengatakan, bakti sosial yang bakal berlangsung di RSUD ini bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Palembang. Kamis, 13 Juni 2024.

“Dikarenakan padatnya jadwal dari dokter dan tim yang akan melaksanakan operasi, sehingga mengalami perubahan jadwal operasi,” ujar Evan.

Sampai dengan hari ini yang sudah mendaftarkan diri sebanyak 171 orang. Dari sejumlah pendaftar akan dilakukan skrining ulang oleh tim ahli/dokter spesialis mata yang akan memastikan apakah sudah bisa dioperasi atau belum.

“Warga yang bisa mengikuti operasi katarak nantinya hanya mereka yang dinyatakan lolos screening dan tidak sedang mengidap penyakit lain,” tambah Evan.

Ia menegaskan, penderita mata katarak biasanya akan mengeluh sulit melihat pada malam hari.

Biasanya, para penderita itu harus memerlukan cahaya yang lebih terang agar pandangannya tidak kabur.

Sesuai instruksi Bupati Lebong, Kopli Ansori untuk menambah kuota setelah melihat besarnya animo masyarakat mengikuti operasi katarak di Lebong.

“Karena masih ada beberapa proses pemeriksaan yang harus dilakukan untuk memastikan sudah layak dioperasi atau tidak,” demikian Evan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini