Kejari Bersama Ketua DPRD Lebong Musnahkan 23 Bukti Pidum

0
837
Kejari Bersama Ketua DPRD Lebong Musnahkan 23 Bunti Pidum

Lebong – Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong melakukan pemusnahan barang bukti tindak pidana kejahatan selama kurun waktu 2022 hingga 2023 mendatang.

Sedikitnya barang bukti tindak Pidana umum (Pidum) di wilayah hukum Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong, memusnakan 23 perkara. Pemusnahan berlangsung di halaman kantor Kejari setempat sekira pukul 09.00 WIB. Selasa, 14 November 2023.

Kajari Lebong, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lebong, Evi Hasibuan mengatakan, bahwa penurunan perkara ini menandakan bahwa angka kejahatan di daerah itu mulai menurun.

Sebelumnya, pemusnahan barang bukti tindak pidana kejahatan selama kurun waktu Desember 2021 hingga April 2022 sebanyak 30 perkara.

Sedangkan, untuk perkara dari tahun 2022 hingga 2023 ada 23 perkara yang sudah inkrach dengan jumlah item barang bukti yang dimusnahkan sebanyak 43 item.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari tugas jaksa selaku eksekutor barang bukti terhadap perkara yang ditangani dan telah memperoleh kekuatan hukum tetap (inkrach).

Kejari Bersama Ketua DPRD Lebong Musnahkan 23 Bunti Pidum

“Barang bukti yang dimusnahkan ini ada berbagai macam perkara. Ada merugikan nyawa orang, dan sebagainya,” tutup Kajari.

Senada disampaikan, Ketua DPRD Lebong, Carles Ronsen mengatakan apresiasi tinggi atas kinerja Kejari, hal itu terbukti dengan menurunnya perkara sepanjang 2023.

“Kita patut bersyukur, Alhamdulillah 2022 dan 2023 ini mengalami signifikan. Mudah-mudahan tahun depan lebih ditingkatkan untuk penurunan, tentu kita apresiasi setinggi-tingginya,” ungkap Ketua Carles.

Ditambahkannya, pemusnahan barang bukti merupakan komitmen Kejaksaan dalam penegakan hukum, kegiatan pemusnahan barang bukti merupakan tindak lanjut dari tugas jaksa untuk mengeksekusi barang bukti terhadap perkara yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap dan dilaksanakan secara berkala.

“Tentunya, Alhamdulillah syukur hari ini untuk melihat potensi angka kriminal atau kejahatan-kejahatan di Lebong. Kita akan melakukan pendekatan dengan masyarakat. Mudah-mudahan dengan pulih ekonomi, dan pertumbuhan kita baik, maka angka kejahatan kita menururun,” ungkap Politisi PAN tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kajari Lebong, Bupati Lebong, Kopli Ansori, Ketua DPRD Lebong, Carles Ronsen, Kapolres Lebong, AKBP Awilzan, Sekda Lebong Mustarani Abidin, para Pejabat Utama (PJU), jaksa dan staf pada Kejari lebong, perwakilan Kodim 0409 Rejang Lebong. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini