Jelang Bulan Suci Ramadan 1445 Hijriah, Ini Imbauan MUI Lebong  

0
43
Jelang Bulan Suci Ramadan 1445 Hijriah, Ini Imbauan MUI Lebong  

Lebong – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lebong, menyampaikan himbauan kepada seluruh umat muslim di Kabupaten Lebong menjelang bulan suci Ramadan 1445 Hijriah tahun 2024.

Ketua Umum MUI Kabupaten Lebong, Mukhlas menyampaikan, bagi umat Islam yang akan memulai pelaksanaan Ibadah Puasa, setelah pengumuman Keputusan Pemerintah (dalam hal ini Kementrian Agama RI) tentang penetapan awal Bulan Ramadan.

Himbauan ini disampaikan dengan harapan agar seluruh umat Islam di wilayah ini dapat merayakan bulan penuh berkah ini dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, dan ketaatan kepada ajaran Islam.

  1. “Apabila nantinya terjadi perbedaan dalam penetapan awal Bulan Ramadhan, maka MUI Lebong mengimbau agar umat Islam yang ada di Kabupaten Lebong untuk menyikapi dengan arif dan bijaksana, tetap menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan, persatuan dan kesatuan umat Islam terkhusus di wilayah Kabupaten Lebong,” kata Mukhlas. Senin, 09 Maret 2024.

Selain itu, ia mendorong, tindakan Pemerintah dan Kepolisian untuk menutup dan menertibkan tempat yang berpotensi menjadi lokasi maksiat, guna menjaga kehormatan bulan suci Ramadhan.

Pihaknya juga mengimbau kepada pemilik restoran, rumah makan, warung kopi dan sejenisnya, agar menghormati bulan suci Ramadan dengan menutup semua tempat- tempat usaha pada siang hari selama bulan suci Ramadhan.

“Saya berharap kepada para Pengurus Masjid dan Musholla di wilayah Kabuaten Lebong agar mempersiapkan kebersihan, kenyamanan masjid, memastikan aliran listrik dan air dalam keadaan baik, memastikan kondisi pengeras suara dalam keadaan baik, agar pelaksanaan Sholat Tarawih dan witir bisa nyaman dan khusuk,” tambahnya.

Tak hanya itu, ia juga berharap kepada para muballigh, mubaligh, da’i, da’iyah di bulan suci Ramadan nanti agar supaya dapat menyampaikan materi ceramahnya tentang keutamaan Ramadan. Terutama yang berhubungan dengan peningkatan keimanan, menuju ketaqwaan kepada Allah SWT, serta meninggalkan kemungkaran.

“Saya juga mengimbau kepada seluruh umat untuk menjaga suasana tetap aman dan kondusif. Kami segenap Dewan Pimpinan MUI Kabupaten Lebong mengucapkan Selamat melaksanakan ibadah puasa Ramadan tahun 1445 H/2024 M. Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT,” tegas Mukhlas. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini