Gelar Interfaith Walk HSN 2023: Istiqlal Hadirkan Putri Ariani

0
73
Gelar Interfaith Walk HSN 2023: Istiqlal Hadirkan Putri Ariani

Jakarta – Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal (PKUMI), menjadi inisiator dalam penyelenggaraan Interfaith Walk 2023 pada rangkaian kegiatan Istiqlal Santri Fest untuk peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023.

Ketua Panitia, Karim Bakri, mengatakan, kegiatan dihadiri oleh lebih dari 2500 peserta dari berbagai komunitas agama.

“Acara yang bertujuan untuk memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) dan mempererat keberagaman serta toleransi di Indonesia,” ujar Karim Bakri.

Senada disampaikan, Direktur PKUMI Prof. Dr. KH. Ahmad Thib Raya, MA., kegiatan Interfaith walk ini telah menarik perhatian tokoh-tokoh nasional, pemimpin lintas agama, santri, serta masyarakat.

“Bahkan ada peserta yang hadir dari luar Jakarta seperti Kota Palopo Rektor IAIN Palopo Dr. Abbas Langaji, Ketua DPP Asosiasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (APTIKIS) Indonesia Dr. Maslim Halimin dan puluhan santri dari Subang hanya untuk mengikuti kegiatan jalan santai lintas agama ini,” terang Ahmad Thib Raya.

Lanjut, Ahmad Thib Raya, jalan santai lintas iman (Interfaith Walk), sebagai bentuk tradisi dan simbol kerukunan di Indonesia.

“Kegiatan ini tidak hanya memperlihatkan semangat persatuan di tengah perbedaan, tetapi juga menandai kesatuan dalam memperjuangkan nilai-nilai toleransi dan keharmonisan,” tegasnya.

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA., menegaskan, Insya Allah setiap hari santri pihaknya akan memperingati di Istiqlal.

“Juga kita sangat berbahagia karena kita telah membuat defenisi baru tentang santri,” ucapnya.

Gelar Interfaith Walk HSN 2023: Istiqlal Hadirkan Putri Ariani

Ia menambahkan, santri ialah orang-orang yang memiliki keyakinan keagamaan dan memeratekkan keyakinan keagamaannya itu dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Minggu, 29 Oktober 2023.

“Acara Interfaith Walk 2023 di Masjid Istiqlal telah memberikan momentum positif bagi upaya mempererat kerukunan dan keharmonisan di tengah keberagaman, memperlihatkan bahwa kesatuan dalam perbedaan adalah pondasi kuat bagi kemajuan bangsa,” tutup Nasaruddin Umar.

Koordinator Acara Interfaith Walk 2023, Fahri Badina Nur, menyatakan agenda itu tidak hanya dihadiri oleh tokoh-tokoh agama dari berbagai komunitas, acara ini juga disemarakkan dengan musisi tanah air yang turut berpartisipasi dalam pawai tersebut.

“Keberadaan penyanyi terkemuka seperti Putri Ariani yang ikut menghadiri acara turut memperindah momen penyatuan ini,” kata Fahri Badina Nur.

Putri Ariani merupakan penyanyi yang dikenal karena karya-karyanya untuk itu saya minta memberikan pesan dan kesan kepada peserta.

“Kehadiran musisi Yan Josua, juga berhasil memberikan hiburan kepada kurang lebih 2500 peserta. Dengan semangat penuh, peserta dari berbagai agama, latar belakang, dan usia berjalan bersama dalam kegiatan ini, membawa pesan kedamaian, persatuan, dan toleransi, memperkuat semangat kebangsaan Indonesia,” terang Fahri.

Terakahir, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan membagikan doorprize kepada peserta pemenang.

‘’Kegiatan ini kami rangkaiakan dengan membagikan berbagai macam doorprize kepada peserta pemenang seperti kulkas, mesin cuci, smart tv, dispenser, dan berbagai macam hadiah lainnya,” ujar Dr. Mulawarman Hannase Manajer PKUMI. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini