Bupati Kopli Akan Hadiri Pertemuan IMT-GT di Malaysia

0
849
Bupati Kopli Akan Hadiri Pertemuan IMT-GT di Malaysia

Lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong menggelar rapat persiapan pertemuan Indonesia, Malaysia dan Thailand Growth Triangel (IMT-GT) ke-enam yang akan digelar dimulai dari tanggal 7-9 Agustus 2023 mendatang di Ipoh, Malaysia.

Rapat persiapan itu dipimpin langsung Sekda Lebong, Mustarani Abidin, didampingi Kepala Bappeda Lebong Zulhendri, Kadis Lingkungan Hidup, Indera Gunawan, Kadis PUPR-P Lebong, Joni Prawinata, Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setda, Fendi dan perangkat daerah lainnya.

Kepala Bappeda Lebong, Zulhendri mengutarakan, hanya Lebong di Provinsi Bengkulu, diundang. Sedangkan, se-Indonesia hanya 9 daerah, yakni Jambi, Banda Aceh, Batam, Dumai, Lebong, Medan, Muntok, Pekan Baru dan Bangka Barat.

“Islamic Deploment Bank (IDB) mengundang Lebong dari sembilan daerah untuk mengikuti pertemuan IMT-GT di Malaysia,” ujar Zul. Kamis, 03 Agustus 2023.

Ia juga menjelaskan, sembilan daerah ini tergabung dalam Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangel (IMT-GT) Green Cities Mayor Council (GCMC).

Selama ini, Lebong sudah lama masuk namun vakum. Padahal, wilayah Lebong sudah memenuhi syarat untuk menjadi keanggotaan. Sebab, hampir 70 persen wilayah Lebong berstatus hutan. Sisanya, 30 persen kawasan area peruntukan lainnya.

Bupati Kopli Akan Hadiri Pertemuan IMT-GT di Malaysia

“Sebenarnya forum ini sudah lama. Akan tetapi, selama ini forum ini berkasnya tidak diurus jadi vakum. Sekarang, kita bangun lagi,” jelasnya.

Tak hanya itu, Zul menuturkan, pertemuan ini nanti akan dihadiri Bupati Lebong, Kopli Ansori, DLH, Bappeda, Dinkes, BKD, Dinas PUPR-P, DMP-PTSP, dan BKPSDM.

“Keberangkatan tanggal 5 Agustus sampai 9 Agustus di Ipoh Malaysia,” tambahnya.

Lanjutnya, pertemuan ini guna membahas berbagai peluang kerja sama, antara lain Transportasi, Energi, Pengelolaan Limbah Padat, Keanekaragaman Hayati, Ekonomi Sirkular, Pariwisata dan Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan, serta Literasi Karbon.

Selain itu, tujuan kunjungan ini sendiri ialah untuk memberikan bantuan kepada Kabupaten terkait Projek Kabupaten Hijau IMT- GT dan pemberian pendampingan teknis yang diajukan oleh Danish Energy Efficiency Partners (DEEP).

Dengan melalui implementasi proyek dan program ramah lingkungan, serta memastikan konsistensi proyek IMT- GT dengan strategi sektor yang telah diidentifikasi.

“Setelah selesai nanti, akan ada pertemuan dengan Menteri tanggal 9 September di Batam,” tegas Zul. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini