Antisipasi Dampak El-Nino, Pemkab Lebong Gelar Rapat Teknis

0
1538
Pemkab Lebong Gelar Rapat Teknis guna Antisipasi Dampak El-Nino

Lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong menggelar rapat teknis kesiapsiagaan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta krisis air bersih dan kekeringan lahan pertanian di Gedung Swarang Patang Stumang Bappeda Lebong sekitar pukul 14.00 WIB. Rabu, 20 September 2023.

Rapat dibuka langsung Plt. Asisten I Setda Lebong, Fakhrurrozi didampingi Kabag Ops Polres Lebong, AKP Andi Ahmad Bustanil, perwakilan Kodim 0409 Rejang Lebong, Kejari Lebong.

Turut hadir Kalak BPBD Lebong, Tantomi beserta jajaran, lintas sektor Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), serta sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Lebong terkait.

Plt. Asisten I Setda Lebong, Fakhrurrozi mengatakan, rapat teknis ini digelar untuk membahas tindak lanjut arahan Bupati pada saat rapat pimpinan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) pada Senin (18/9) kemarin di Pendopo Rumah Dinas Bupati Lebong tentang pencegahan dan kemungkinan ancaman bencana yang ditimbulkan dari dampak elnino.

Pemkab Lebong Gelar Rapat Teknis guna Antisipasi Dampak El-Nino

Lanjutnya, walaupun dengan keterbatasan anggaran ia tetap meminta timnya solid dan melaksanakan apa yang perlu dilaksanakan agar kedepannya bisa terkoordinir dengan baik.

“Tujuannya agar dapat mengurangi resiko ancaman bencana baik berupa kebakaran hutan maupun kekeringan yang dapat menggangu dan mengancam kehidupan dan penghidupan masyarakat,” singkatnya.

Terpantau, satu per satu instansi menyampaikan pendapat. Namun, secara keseluruhan kesimpulan rapat sepakat membentuk Tim Koordinasi dan Tim Satgas.

Sementara itu, Kalak BPBD Lebong, Tantomi membenarkan kesimpulan rapat tersebut. Tim satgas terdiri dari 3 yakin satgas kebakaran, satgas air bersih dan satgas kekeringan lahan.

“Apabila dampak El Nino ini meningkat maka perlu adanya kenaikan status darurat bencana,” tuturnya. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini