Gelar Pengabdian Masyarakat, UNIB Dorong UMKM Naik Kelas

0
124
Pengabdian dan Pelatihan yang digelar Pengabdian Masyarakat oleh Fakultas Pertanian UNIB agar UMKM Naik Kelas di Sukaraja Seluma

Seluma – Mahasiswa Universitas Bengkulu (UNIB) Fakultas Pertanian menggelar pengabdian masyarakat dan menggelar pelatihan pengemasan produk unggulan pada Kelompok Wanita Tani Desa Jenggalu Kecatan Sukaraja Kabupaten Seluma dilakukan untuk produk basreng Tanjung Air.

Sasaran utama dari Program Pengabdian Pembianaan ini yaitu anggota KWT Tanjung Air yang merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pengembangan ekonomi di derahnya.

Keberadaan KWT tersebut perlu terus didukung dan dibina sehingga dapat berperan lebih efektif dalam turut menggerakkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan peningkatan ekonomi masyarakat.

Menurut Ketua Tim Pengabdian, Ridha Rizki Novanda, mengatakan pentingnya UMKM paham bagaimana membuat desain kemasan yang menarik dan menonjolkan pemasaran.

“Pelatihan semacam ini amat penting untuk menunjang dan meningkatkan pemasaran produk, dengan begitu ekonomi masyarakat juga akan meningkat,” ujarnya.

Contoh pamplet hasil pelatihan yang digelar Pengabdian Masyarakat Fakultas Pertanian UNIB agar UMKM Naik Kelas

Proses sosialisasi dimulai dengan kordinasi dengan Kecamatan Sukaraja untuk melakukan kegiatan pengabdian yang melibatkan anggota masyarakat.

“Selain koordinasi dengan pihak Kecamatan, kami juga melakukan koordinasi pada level Desa dan target kelompok Wanita tani sasaran, tim memberikan gambaran program dan mengkordinasikan susunan acara kegiatan dan alat serta bahan,” ucapnya.

Lanjutnya, koordinasi berjalan lancar dan kegiatan bisa dilaksanakan dengan baik, salah satu faktor yang dapat mengangkat nilai jual sebuah produk adalah tampilannya. Tampilan itu meliputi kemasan dan cara pelabelan.

Bapak Basuki Sigit Priyono menyatakan, UNIB selaku institusi yang melakukan pengabdian masyarakat secara langsung turut serta mendukung pembangunan KWT untuk peningkatan kemampuan Perempuan.

“Kegiatan dilakukan dengan kolaborasi antar tim pengabdian dengan pemerintah Desa, dilakukan kegiatan sosialisasi program sebelum kegiatan dilaksanakan,” katanya.

Pengabdian dan Pelatihan yang digelar Pengabdian Masyarakat oleh Fakultas Pertanian UNIB agar UMKM Naik Kelas di Sukaraja Seluma

Pengemasan yang baik adalah bagaimana cara supaya produk tersebut tersimpan dengan baik sehingga rasa, aroma dan wujudnya tidak cepat berubah.

Tak hanya itu, pengemasan juga perlu dibuat secantik mungkin supaya konsumen tertarik dengan produk. Peserta pelatihan sangat antusias mengikuti tahapan demi tahapan pelatihan yang diberikan oleh instruktur yang memiliki kompetensi dibidang tersebut.

“Bagi UMKM bidang kuliner manfaat pelatihan sangat terasa karena para pelaku usaha di bidang ini dapat membuat berbagai alternative desain untuk kemasan produknya, sehingga tampilan produknya lebih variatif, menarik (eye catching), namun masih tetap terjaga kualitas produknya,” pungkas Basuki Sigit Priyono.

Ia menambahkan, kemasan produk yang dilatih berwarna merah kuning memiliki makna dalam proses branding produk Basreng, warna memiliki pengaruh yang sangat besar terutama dalam branding dan pencitraan dari sebuah produk.

Bukan saja hanya berfungsi dalam menciptakan keindahan, tetapi warna juga memiliki pengaruh yang kuat dalam membangun suasana hati.

“Selain itu, warna dapat dipakai untuk mengekspresikan atribut dan nilai dari suatu merek. Warna menjadi komponen visual nomor satu yang paling diingat dibandingkan bentuk, simbol, angka dan huruf, sebab warna mempunyai kekuatan untuk menyampaikan serta mengkomunikasikan arti dan pesan tanpa menggunakan kata,” tutupnya. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini