Air PDAM Mati 10 Hari, Warga Sungai Gerong Beli Air Tangki Keliling

0
121
Air PDAM Mati 10 Hari, Warga Sungai Gerong Beli Air Tangki Keliling

Lebong – Warga di Desa Sungai Gerong Kecamatan Amen, Kabupaten Lebong, mengeluhkan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tebo Emas (TTE) Kabupaten Lebong, mengaku sudah 10 hari tidak mendapatkan aliran air bersih.

Keluhan tersebut muncul dari Epan Parola salah satu pengusaha pangkas rambut di Sungai Gerong, Kecamatan Amen.

Menurutnya, persoalan macetnya aliran air sudah disampaikan kepada pihak manajemen PDAM. Namun sampai saat ini, warga mengklaim, belum ada solusi atas persoalan tersebut.

“Kita sudah melaporkan kepada anggota PDAM, tapi tidak digubris,” katanya. Minggu, 27 Agustus 2023.

Satu-satunya solusi agar bisa mendapatkan air untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan usahanya, Epan dan warga lainnya harus membeli air bersih melalui tangki. Tetapi menurutnya, air yang disuplai itu tidak sebersih air PDAM.

“Jadi terpaksa beli. Biasanya, satu tangki dihargai Rp 80 ribu per tangki. Cuma tidak bisa semuanya bisa membeli, makanya mereka lebih memilih mengangkut air dan cucian dari aliran air kotok,” imbuhnya.

Dia mengaku harus mengeluarkan belanja tambahan untuk memenuhi kebutuhan air di rumahnya. Selama 10 hari, menghabiskan 4 tangki air.

Air PDAM Mati 10 Hari, Warga Sungai Gerong Beli Air Tangki Keliling

“Untuk mandi dan mencuci pakai air tangki. Kalau untuk masak dan minum, harus membeli air mineral isi ulang. Belanja keluarga saya membengkak selama setengah bulan ini,” ungkapnya.

Terpisah, Dirut PDAM TTE Lebong, Ahmad Nura’ain saat dikonfirmasi membenarkan kondisi tersebut. Menurutnya, saat ini masih mencari penyebab putusnya aliran air PDAM di Desa Sungai Gerong tersebut.

“Mohon bersabar pak sudah 6 hari kami masih berusaha mencari kendalanya. Hari ini Minggu saya turun langsung. Doakan semoga kendalanya dapat teratasi,” ujar Ahmad Nura’ain. Minggu, 27 Agustus 2023.

Lebih jauh, ia menjelaskan, pihaknya sudah hampir enam hari mencari penyebab putusnya aliran PDAM di Desa Sungai Gerong.

“Mungkin ada penyumbatan atau keanginan pipa belum ditemukan,” ungkapnya.

Lebih jauh, ia mengaku, tidak ada masalah di Intake Air Uram. Sebab, pihaknya sudah mengecek langsung ke lokasi dengan pengurasan air.

“Air ini masuk tapi tidak sampai Desa Sungai Gerong. Makanya kami berusaha hari ini. Untuk mengecek tekanannya,” tutup Ahmad Nura’ain. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini