Pemkab Lebong Raih Penghargaan Dari Kemendagri

0
534
Pemkab Lebong Raih Penghargaan Dari Kemendagri

Lebong – Kabupaten Lebong menjadi salah satu dari 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu yang mendapat penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian melalui Sekretaris Tim Teknis Nasional EPPD Tim Uji Petik yang diterima secara langsung oleh Kabag Pemerintahan Setda Lebong, Herru Dana Putra mewakili Pemerintah Kabupaten Lebong, yang berlangsung di salah satu Hotel di Kota Bengkulu. Selasa, 11 Juli 2023.

Sekda Lebong, Mustarani Abidin melalui Kabag Pemerintahan Setda Lebong, Herru Dana Putra saat dikonfirmasi melalui telepon genggam mengatakan, Kabupaten Lebong mendapat skor 2,70 Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Tahun 2022, sehingga Kemendagri memberikan penghargaan atas prestasinya sebagai Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dengan Status Kinerja Sedang berdasarkan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) Tahun 2022.

“Untuk penyelenggaraan pemerintah daerah peringkat 4 se-provinsi Bengkulu dengan status kinerja sedang berdasarkan EPPD tahun 2022,” ujar Herru.

Atas penghargaan ini, Herru mengaku kedepannya akan terus melakukan perbaikan. Terlebih lagi, EPPD ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 bahwa EPPD dilaksanakan setiap tahun anggaran, dan hasilnya diselesaikan paling lambat 6 bulan sejak batas akhir penyampaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD).

“Hasil EPPD Kabupaten/Kota akan disampaikan kepada menteri melalui Provinsi dan digunakan oleh Pemerintah Pusat sebagai bahan pertimbangan pemerintah pemberian penghargaan, situasi perencanaan, dan penetapan target pembangunan pusat dan daerah serta pembinaan terhadap pemerintah daerah,” ulasnya.

Pemkab Lebong Raih Penghargaan Dari Kemendagri

Sementara itu, atas capaian itu, Bupati Lebong, Kopli Ansori tetap mendorong apa yang telah dilakukan oleh seluruh pegawai dalam penyelenggaraan pemerintah daerah pada tahun 2022 lalu.

“Saya atas nama pribadi dan sebagai kepala daerah mengapresiasi atas kinerja kawan-kawan di lingkup Pemkab Lebong atas raihan penghargaan ini, tentu ini kedepannya kita harus terus tingkatkan,” ucapnya.

Dia juga berpesan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) supaya tak merasa puas dengan hasil EPPD tahun lalu.

“Nah nilai sedang ini harus kita tingkatkan lagi,” imbuhnya.

Karena itu dia meminta Bagian Pemerintahan Setda Lebong untuk segera melakukan evaluasi atas hasil EPPD ini supaya penilaian tahun berikutnya dapat meraih hasil yang lebih baik.

“Jadi Bagian Pemerintahan Setda Lebong harus segera melakukan analisis terhadap output dari hasil EPPD dari Kemendagri pada tahun berikutnya,” tutupnya. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini