Ikut MT-II, Pemkab Lebong Beri Bibit, Pupuk, Pestisida dan Handtractor Gratis

0
1445

Lebong – Kabar gembira khususnya bagi para petani dan umumnya masyarakat Kabupaten Lebong. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong akan memberikan sejumlah fasilitas, mulai dari bibit, pupuk, pestisida secara gratis dan meminjam pakai handtractor bagi masyarakat yang ikut program Musim Tanam Kedua (MT-II) tahun 2023.

Hal itu disampaikan Sekda Lebong, Mustarani Abidin saat menggelar sosialisasi kesiapan dan pematangan MT-II tahun 2023 sekaligus melaksanakan rapat teknis penerima bantuan bibit, pupuk dan pestisida gratis serta pinjam pakai handtractor di Aula Gedung Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong. Selasa, 28 Februari 2023.

Pantauan awak media ini, acara dibuka langsung Wakil Bupati (Wabup) Lebong, Fahrurrozi didampingi Sekda Lebong, Mustarani Abidin, Kabag Ops Polres Lebong, AKP Andi Ahmad Bustanil, Kasi Intel Kajari Lebong, Minang Zazali.

Turut hadir Kabid Tanaman Pangan DTPHP Provinsi Bengkulu, Rosmala Dewi, Danramil Kecamatan Lebong Utara, Asisten II, Para Kepala OPD, Camat, Kepala Desa dan kelompok tani se-Kabupaten Lebong.

Pada kesempatan itu Wabup Lebong, Fahrurrozi menyampaikan, visi Pemkab Lebong, yakni mewujudkan kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat. Melalui program MT-II, diyakini visi tersebut bisa terwujud, pasalnya dua tahun berturut-turut kita berhasil dan sukses melaksanakan MT-II.

Kepala Dinas Perkan Lebong Hedi Parindo memberikan arahan saat acara berlansung

Lanjut Wabup mengatakan, Bupati berharap keberhasilan tersebut menjadi motivasi dan semangat baru, maka ditahun 2023 ini kita akan meningkatkan kapasitas disektor pertanian khususnya progam MT-II. Untuk menekan biaya produksi para petani Pemkab Lebong melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) kabupaten Lebong akan meberikan sejumlah fasilitas dan pendampingan kepada para petani yang ikut program MT-II tahun 2023.

“Tahun ini Pemda dan Provinsi, akan memberikan sejumlah fasilitas secara gratis, mulai dari bibit, pupuk, pestisida dan meminjamkan handtractor bagi masyarakat Kabupaten Lebong atau petani yang ikut MT-II,” sampai Wabup.

Lanjut Wabup menambahkan, kami minta kepada pemerintah desa dan kelurahan segera sosialisasikan dan informasikan kepada masyarakat agar ikut program MT-II lalu laporkan luasan hamparan yang siap ikut MT-II diwilayah masing-masing.

Sementara itu Kadis Perikanan dan Pertanian Kabupaten Lebong, Hedi Parindo menambahkan, Program MT-II sudah terbukti dan berhasil, selain menepis mitos yang mengatakan Lebong tidak bisa melaksanakan MT-II, ternyata melalui program ini juga mampu membawa masyarakat Lebong menjadi sejahtera dan meningkatkan perekonomian serta menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas.

“Target kita tahun ini 3.000 Hektar, sesuai dengan bantuan yang kita persiapkan mulai dari bibit, pupuk, pestisida dan sara prasarana pendukung lainya,” tutup Hedi. (ABE)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini