Akhir Pekan, Bupati Kopli Tinjau Persiapan MT-II

0
863
Bupati Lebong, Kopli Ansori bersama petani saat meninjau lokasi MT-II

Lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong terus berupaya mensejahterakan para petani padi, terlihat diakhir pekan ini Bupati Lebong meninjau persiapan sawah dalam program Musim Taman Kedua (MT-II). Minggu, 25 Juni 2023.

Turun peninjauan lahan tersebut seluas 145 hektar di Kecamatan Desa Talang liak II, Kecamatan Bingin Kubing, Bupati mengajak rombongan melakukan pengendalian hama di Desa Talang Liak II Kecamatan Bingin Kuning, Kabupaten Lebong.

Kehadiran Bupati ke pematang sawah, disambut riang para petani, mereka tak menyangkan disituasi hujan dan hari libur, Bupati turun dan bertemu dengan para petani.

Kepala Desa (Kades) Talang Liak II, Afrildo mengaku haru saat mengetahui lahan sawahnya ditinjau langsung oleh orang namor satu di Kabupaten Lebong.

“Senang dan haru Bapak Bupati berkenan meninjau lokasi persawahan saya ini. Terima kasih kami ucapkan kepada Pak Bupati yang sudah datang menyapa kami langsung di sawah ini,” ujar Afrildo.

Sedangkan menurut Afrildo, dengan adanya program MT-II, semua kebutuhan bertani mereka dapat terpenuhi. Mulai dari menyiapkan bibit padi, mesin handtraktor, hingga bantuan racun tikus.

“Tentu kita sangat mengapresiasi program prioritas pak bupati untuk MT-II ini,” ungkapnya.

Dihadapan para petani Bupati menyampaikan, tujuan dirinya turun langsung meninjau lahan para petani, untuk memastikan program MT-II berjalan dengan baik di daerah masing-masing.

“Saya turun langsung ke lahan sawah petani ini untuk meninjau bagaimana pertumbuhan padi para petani dan juga untuk memastikan program MT-II apakah sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan berlaku,” ucapnya.

Bupati Lebong, Kopli Ansori (paling depan) saat meninjau lokasi MT-II

Selain itu, untuk meningkatkan budaya kegotongroyongan masyarkat yang semakin menipis, setiap hari libur maupun hari kerja, bupati, dan semua pejabat sudah turun dan berkantor di desa, yang dinamakan Bunga Desa ataupun Bupati Ngantor di Desa.

Karena membangun Lebong, membangun Desa tidak dapat dilakukan sendirian, namun butuh dukungan dari semua pihak.

“Membangun Lebong, tidak bisa sendirian, Bupati, Camat, Kades dan masyarakat juga tidak bisa membangun sendiri. Akan tetapi butuh kebersamaan, dukungan semua pihak,” ujar Politisi PAN ini.

Ia menambahkan, banyak persoalan persoalan masyarakat yang dapat diselesaikan dengan gotong royong contohnya pengendalian hama serentak dalam program MT-II.

“Sehingga, kalau tidak dengan gotong royong siapa lagi yang akan menyelesaikan, karena pemerintah tidak bisa sendiri, namun harus bersama antara pemerintah, desa dan masyarakat harus ikut memelihara bagaimana agar kebutuhan masyarakakat dapat teratasi,” tutup Bupati Kopli.

Pantauan di lapangan, usai meninjau di Desa Talang Liak II, Bupati Ansori juga melanjutkan sawah warga yang ikut MT-II di Desa Garut dan Sungai Gerong Kecamatan Amen.

Dalam kesempatan itu, Bupati Lebong, Kopli Ansori, ditemani Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Perikanan Lebong, Hedi Parindo, dan Penjabat Kades Talang Liak II, Afrildo. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini