Warga Butuh Bantuan, Lurah Tes Lebong Bertindak

0
707
Lurah Tes, Leni Marlina Surati Bupati Lebong guna memastikan warganya agar terbantu pengobatannya

Lebong – Seorang warga bernama Elva Sartika (36) warga Kelurahan Tes Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong yang mengalami kebutaan butuh uluran tangan.

Bahkan, kondisi ini justru langsung disurati Lurah Tes, Leni Marlina tertanggal 18 September 2023 dengan Nomor 140/495/1002/IX/2023 disusul dengan surat tertanggal 21 September 2023 nomor: 140/502/1002/IX/2023 yang ditujukan kepada Bupati Lebong melalui Kepala Dinas Sosial.

Surat itu bukan tanpa alasan. Sebab, selain mengalami kebutaan Elva masih menumpang yang posisinya berada di belakang Sekolah Dasar Negeri (SDN) nomor 38.

“Elva mengalami kebutaan sejak tahun 2021. Keluarga tersebut, tergolong ekonomi kurang mampu, jadi untuk berobat terkendala biaya,” tulis Leni Marlina.

Dalam surat itu, ia berharap adanya bantuan penanganan pengobatan dan penanganan kemiskinan serta bahwa, Elva masih belum tersentuh bantuan dari pihak manapun termasuk dari Balai Sentra Darma Guna Kementerian Sosial RI yang pernah disebut-sebut dan dijanjikan.

Elva Sartika (36) warga Kelurahan Tes Kecamatan Lebong Selatan yang mengalami kebutaan butuh uluran tangan

Mengingat sebelumnya jajaran Dinkes, Dinas Sosial serta Peksos yang menjadi perpanjangan tangan Balai Sentra Darma kementerian social RI Bengkulu, sempat mengunjungi Elva. Namun, bantuannya belum kunjung turun.

“Surat permohonan ini kami buat dengan harapan dapat ditindaklanjuti sebagaimana mestinya,” sebutnya.

Terpisah, Kadis Sosial Kabupaten Lebong, Achmad Gozali melalui Kabid Lindungan Jaminan Sosial, Jusraweni mengaku, Elva memang masuk ke dalam daftar list yang diusulkan pihaknya untuk mendapatkan bantuan dari Balai Sentra Darma kementerian sosial RI Bengkulu.

“Ya, untuk administrasinya sudah kita proses dan kita usulkan ke Balai,” kata Jusraweni melalui telepon genggam.

Namun demikian, Jusraweni menegaskan, untuk realisasi bantuan tergantung dari pihak Balai Sentra Darma kementerian sosial RI Bengkulu.

Kondisi dan keadaan rumah Elva Sartika (36) warga Kelurahan Tes Kecamatan Lebong Selatan yang mengalami kebutaan bahkan butuh uluran tangan

“Kalau bantuan itu kita masih tunggu balai. Kalau direalisasikan pasti kita langsung serahkan,” sebutnya.

Lebih jauh, untuk BPJS sendiri sudah dicek. Bahwa BPJS Elva ini terdaftar di APBN Faskes Lubuk Linggau.

“Ini kami sudah konfirmasi ke BPJS untuk memindahkan faskesnya ke Lebong,” sambungnya.

Di sisi lain, ia menyayangkan adanya pembiaran dari pemerintah kelurahan Tes. Sebab, menurutnya, sembari menunggu bantuan seyogianya pemerintah setempat gotong royong membuka donasi untuk warganya tersebut.

“Kalau menunggu tidak akan menyelesaikan masalah. Harusnya, adanya penanganan sementara dari kelurahan,” singkat Jusraweni. (PMS20)

Leni Marlina, Lurah Tes Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini