Tingkatkan Pembinaan Napi, Lapas Arga Makmur Produksi Meubelair

0
126

Arga Makmur – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Arga Makmur Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu meningkatkan kualitas pelayanan Pembinaan Narapidana Narapidana melalui kegiatan kemandirian. Jumat, 05 Mau 2023.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Yan Rusmanto dihubungi melalui sambungan telepon mengatakan, Lapas Arga Makmur sebagai Lapas di Wilayah Bengkulu yang telah mendapatkan Tanda Daftar Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) merupakan Lapas yang produktif dimana hasil produksinya dapat bersaing dengan usaha sejenis diluar.

“Untuk produk bisa jamin mampu bersaing, namun yang menjadi kendala Lapas adalah pemasaran. Untuk itu, dimohon perhatian khusus dari masyarakat dan stakeholder terkait guna meningkatkan pemasaran hasil produksi,” ujarnya Kadivpas.

Menurutnya, pembinaan terhadap narapidana merupakan tanggung jawab bersama yang diharapkan Narapidana dapat bermanfaat baik selama menjalani masa pidana maupun nanti setelah keluar kembali ke masyarakat.

Sementara itu, Kalapas Arga Makmur, Luhur Pambudi yang ditemui diruang kerjanya mengatakan bahwa kegiatan kerja produksi merupakan salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan pihaknya dimana WBP dapat produktif dan menghasilkan.

Tingkatkan Pembinaan Napi, Lapas Arga Makmur Produksi Meubelair

“Sebagian keuntungan dari penjualan tersebut diberikan kepada Napi berupa premi/upah dan kita setorkan ke kas negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP),” tegasnya.

Ia juga mengatakan, sudah 3 tahun berturut-turut, Lapas Arga Makmur selalu melebihi Target PNBP yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Kegiatan kemandirian yang dilakukan melalui kegiatan kerja produksi bidang manufaktur berupa pembuatan Meubelair dan Pengelasan – Las Listrik.

Kasubsi Kegiatan Kerja, Syarif Hidayat mengatakan produksi yang dilakukan WBP dibawah bimbingannya saat ini meliputi pembuatan lemari pakaian, lemari sepatu, dan lemari Aquarium (Meubelair), serta pembuatan pagar dan meja lipat (las listrik).

“Beberapa produk Meubelair sudah dipasarkan dan didistribusikan kepada konsumen pada momen One Day One Prison’s Product,” pungkasnya.(Rls/PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini