Sungai “Ngeai” Rusak Infrastruktur, Pemkab Lebong Bertindak

0
460

Lebong – Derasnya hujan yang mengguyur Kabupaten Lebong, pada (17/01/23) lalu. Seperti diberitakan sebelumnya, hujan deras tersebut mengakibatkan terjadinya banjir di Desa Semelako 1 dan sekitarnya, aliran sungai “ngeai” meluap merusak infrastruktur jalan dan jembatan serta menggenangi lahan persawahan masyarakat.

Mendapati informasi musibah tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong secara cepat merespon bahkan turun ke lokasi untuk memastika apa saja kerusakan dan kerugian imbas dari bencana banjir tersebut.

Camat Lebong Tengah, Gusmawati mengatakan, sejumlah fasilitas umum rusak akibat di terjang banjir. Ia membenarkan musibah tersebut terjadi karena curah hujan yang tinggi.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Lebong, Hendera saat meninjau lokasi banjir

“Hari ini kami meninjau lokasi, dari pantauan kami setidaknya kerusakan yang ditimbulkan yakni jalan sepanjang 14 meter dengan lebar 2,5 meter di pinggiran sungai “ngeai” akses menuju pemukiman masyarakat rusak parah, tidak dapat dilewati kendaraan,” ungkap Camat. Rabu, 18 Januari 2023.

Ia menambahkan, jika tidak segera ditangani pihaknya khawatir jembatan penghubung di sekitar lokasi akan putus. Bahkan, areal persawahan milik warga sekitar lokasi akan tergenam banjir.

“Kalau tidak segera diperbaiki akan mengakibatkan keselamatan warga dan areal sawah yang ada di pinggiran sungai tersebut terancam gagal panen,” ujar Camat.

Kabid SDA PUPR-P dan jajaran pejabat lainnya saat meninjau lokasi banjir

Terpisah, Kalak BPBD Lebong, Tantomi melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Hendera menyebutkan, pihaknya usai menerima laporan terkait kerusakan akibat banjir bandang tersebut langsung mendatangi ke lokasi kejadian.

“Permukaan bronjong yang rusak 3,2 meter, jalan menuju pemukiman masyarakat sepanjang 28 meter, kemudian jembatan terancam putus dan persawahan masyarakat terancam terendam Air imbas dari meluap dan banjirnya sunagi “ngeai” akibat hujan deras kemarin. Hal ini akan kita laporkan kepada pimpinan agar dapat segera di tindak lanjuti atau diperbaiki,” tegas Hendra.

Hadir turun ke lokasi banjir, Camat Lebong Tengah, Gusmawati, Kalak BPBD Lebong, Tantomi yang diwakili oleh Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Hendra, Kadis PUPR-P Lebong, Joni Prawinata yang diwakili oleh Kabid SDA, Arman Yunizar. (ABE/PMS20) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini