Sortir 75 Ribu Ekor, Bukti Komitmen Pemkab Jadikan Lebong Lumbung Ikan

0
60
Sortir 75 Ribu Ekor, Bukti Komitmen Pemkab Jadikan Lebong Lumbung Ikan

Lebong – Sebanyak 78 ribu ekor ikan disebar di Kantor Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Lebong di Desa Nangai Tayau I, Kecamatan Amen, Kabupaten Lebong mulai disortir.

Hal itu disampaikan Kadis Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong, Hedi Parindo melalui Kabid Perikanan, Tomsil menyebutkan, puluhan ribu ekor benih ikan disebar di daerah itu masuk fase penyortiran.

“Kita sedang melakukan sortir. Yang besar dan kecil kita pisahkan. Sekarang menjadi 11 kolam,” kata Tomsil. Selasa, 05 Desember 2023.

Ia menambahkan, sudah hampir sebulan lebih proses penggemukan benih ikan ini mengalami perkembangan.

Sortir 75 Ribu Ekor, Bukti Komitmen Pemkab Jadikan Lebong Lumbung Ikan

“Kalau kondisi sekarang, ikan dalam kondisi sehat. Kalau kita lihat perkembangan, sudah cukup bagus. Dari benih sudah timbul satu bulan. Diperkirakan 30-50 ekor berkembang,” ungkapnya.

Menurutnya, upaya ini merupakan salah satu langkah tepat untuk mencukupi kebutuhan ikan yang cukup tinggi. Selain memiliki wilayah sungai yang cukup banyak, sebagian besar desa-desa di Lebong mendukung untuk pembibitan ikan.

“Sesuai dengan petunjuk, kedepannya bagaimana. Kita pilih untuk dijadikan bibit unggul. Kita akan semaikan disini. Untuk dijadikan induk ikan dan akan dibagikan kepada petani,” tutup Kabid. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini