Kunjungi Bengkulu Utara, Rohidin Mersyah Realisasikan Program Unggulan

0
86

Arga Makmur – Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menyerahkan bantuan Bedah Rumah kepada masyarakat Desa Tanjung Anom Kecamatan Giri Mulya Kabupaten Bengkulu Utara. Senin, 05 Desember 2022.

Program khusus bantuan bedah rumah layak huni ini ditangani langsung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Baznas Bengkulu.

“Ini khusus bedah rumah dengan kriteria khusus, langsung lapor kades, sampaikan ke dinas sosial atau langsung WA gubernur juga boleh. Kita akan datang langsung, tetapi syaratnya rumahnya memang kondisinya tidak layak,” jelas Gubenur Rohidin,” kata Gubernur Rohidin.

Adapun kriteria yang berhak untuk mendapatkan bantuan bedah rumah ini jelas Gubernur Rohidin, pertama janda miskin, lalu yang kedua adalah keluarga yang kepala keluarganya memiliki penyakit menahun atau kondisinya tidak sehat, terkahir yang ketiga, adalah anak yatim piatu. Ketiga kriteria ini, tegas Rohidin, yang diutamakan melalui program khusus Pemprov Bengkulu.

“Ketiga kriteria ini, lapor gubernur kami langsung turun, tidak pakai survei – survei, asal ada lahan yang disepakati oleh keluarga, walaupun statusnya tidak bersertifikat tidak apa – apa yang penting keluarganya setuju, dengan usulan kades. Kita harapkan paket bantuan seperti ini betul – betul akan bisa meringankan beban masyarakat,” harap Gubernur Rohidin.

Penerima bantuan bedah rumah Desa Tanjung Anom Kecamatan Giri Mulya Kabupaten Bengkulu Utara, Hanudin mengaku senang mendapatkan bantuan bedah rumah dari Gubernur Rohidin. Dengan bantuan bedah rumah ini terangnya, ia akhirnya bisa membangun rumah yang layak huni.

“Senang, kami sangat terbantu program bapak Gubernur ini, mungkin kami akan langsung membuat pondasi rumah,” ungkap Hanudin.

Sementara itu Kepala Desa Tanjung Anom Sri Pujianti merasa senang dengan adanya bantuan yang diterima oleh salah satu warganya, terlebih dengan hadirnya gubernur langung ke Desa Tanjung Anom Kecamatan Giri Mulya Kabupaten Bengkulu Utara.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak gubernur yang bisa datang ke sini, dengan keadaan cuacanya yang hujan dan dingin, kita bangga bisa didatangi bapak gubernur, kita juga berterima kasih kepada pengurus Baznas,” ungkap Sri Pujianti.

Bantuan Alsintan dan Kartu Bengkulu Sejahtera JKN KIS

Sebelumnya, di Balai Desa Sidomukti Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara, Gubernur Rohidin juga menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada masyarakat.

Salah satu penerima bantuan Alsintan berupa Alat Potong Rumput, Pramono yang selama ini berprofesi sebagai pekebun sawit dan karet mengaku terbantu dengan adanya bantuan ini. Bantuan alat ini menurutnya memudahkan dalam mengurusi kebun.

“Sangat senang sekali, karena itu mungkin salah satu alat pertanian yang memang kami butuhkan, karena kebun kami ini banyak sawit dan karet, itu setiap 3 bulan sekali harus kami bersihkan, dengan adanya mesin rumput ini tentunya sangat membantu pekerjaan kami,” ungkap Pramono.

Senada juga disampaikan Mbah Rohani asal desa Marga Sakti kecamatan Padang Jaya, dari kelompok tani Wanita Tani Lestari. Ia mengatakan, bahwa dengan bantuan ini ada semangat baru bagi masyarakat khususnya di kecamatan Tanjung Jaya untuk lebih giat lagi dalam bertani maupun berkebun.

“Ini menjadi penambah semangat kami untuk meningkatkan kesejahteraan, terima kasih kepada semua dinas, instansi dan pihak – pihak terkait yang ikut membantu terealisasinya bantuan ini,” ungkap Mbah Rohani.

Adapun bantuan Alsintan yang diserahkan yaitu, 90 unit handsprayer elektrik untuk 30 kelompok tani, 11 unit handtrakor untuk 7 kelompok tani, 7 unit cultivator untuk 7 kelompok tani, 7 unit mesin rumput untuk 7 kelompok tani. Selanjutnya juga diserahkan 120 unit Oxygen Concentrator, 4954 Kartu Bengkulu Sejahtera JKM KIS serta tabung gas LPG 3Kg. (Rls/PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini