Hardiknas 2022, Sonti Tegaskan Pendidikan Akan Merubah Tatanan Bangsa

0
128

Arga Makmur – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022, di Halaman Kantor Pemda Bengkulu Utara. Jumat, 13 Mei 2022.

Sesuai Pedoman Upacara Hardiknas yang di terbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek) bahwa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Upacara Peringatan Hardiknas 2 Mei 2022 di laksanakan pada tanggal 13 Mei 2022 sehubungan dengan 2 Mei bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, pada tahun ini Hardiknas dengan mengusung tema “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”.

Ketua DPRD Bengkulu Utara, Sonti Bakara, mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022. Walaupun walaupun masih dalam masa pandemi, Hardiknas tahun ini dilaksanakan dengan patuh dan ketat protokol kesehatan.

“Selamat Hardiknas, pendidikan sangatlah penting. Dengan berpendidikan akan merubah tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara kita,” ujar Sonti.

Senada, Wakil Bupati Bengkulu Utara, Arie Septia Adinata, selaku Pembina Upacara sekaligus membacakan Pidato Mendikbudristek menegaskan bahwa, di tengah hantaman ombak yang sangat besar, dunia pendidikan terus melautkan kapal besar bernamakan Merdeka Belajar, yang mana di tahun ketiganya telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia.

“Kurikulum merdeka yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid dimasa pandemi terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Dimana kurikulum merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140 ribu satuan pendidikan di seluruh Indonesia, hal tersebut menandakan bahwa ratusan ribu anak Indonesia telah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” ucapnya.

Wabup Arie juga menyampaikan kepada seluruh penggerak Merdeka Belajar di seluruh Indonesia bahwa langkah yang telah dilaksanakan selama ini semakin serentak dan semakin cepat, namun dirinya mengingatkan bahwa apa yang telah dilakukan tersebut belum sampai pada garis akhir.

Sehingga dirinya mengingatkan agar tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak, karena menurutnya masih akan ada angin yang berhembus kencang dan ombak yang jauh lebih besar serta rintangan yang jauh lebih tinggi.

“Sehingga sudah seharusnya seluruh pihak terkait untuk terus berpegang pada komando memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk merdeka belajar, ” serunya.

Seusai upacara, Wabup beserta Forkopimda memberikan Piagam Penghargaan kepada Guru dan Tenaga Kependidikan atas kinerja, dedikasi dan loyalitas kepada dunia pendidikan dan juga diberikan apresiasi kepada para siswa-siswi atas pencapaian prestasi pada bidang masing-masing. (Rls/PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini