Sesuai Inpres, Ketua DPRD Minta Pemkab Lebong Segera Evaluasi APBD

0
225
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong, Carles Ronsen

Lebong – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong berharap APBD Lebong Tahun Anggaran (TA) 2024 yang telah disahkan baru-baru ini, dievaluasi lebih cepat. Baik itu di Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong, Carles Ronsen menegaskan, biasanya, Kemendagri akan mengkoreksi APBD dalam kurun waktu 14 hari kerja. Namun, dirinya berharap agar koreksi yang dilakukan tidak memakan waktu lama.

“Saya tidak mau lebih lambat, waktunya 14 hari evaluasi. Saya minta kepada teman-teman di eksekutif untuk menyelesaikan dalam waktu lima hari lah plus minus,” ungkapnya.

Menurutnya, berkas APBD 2024 yang baru disahkan oleh DPRD Lebong, diusulkan ke Biro Hukum Provinsi Bengkulu untuk permintaan nomor register Perda Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Sebagaimana Pasal 242 Ayat (4) Undang-undang 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong, Carles Ronsen

Dalam aturan itu, Bupati wajib menyampaikan kepada Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat paling lama tiga hari terhitung sejak menerima Raperda Kabupaten dari Pimpinan DPRD Lebong.

Dirinya berharap, APBD 2024 sudah dapat digunakan pada awal tahun mendatang, sehingga program pembangunan yang ada di Lebong tidak lagi terganggu dengan keterlambatan pencairan APBD.

“Sesuai instruksi Presiden, Kemendagri dan Gubernur meminta pemerintah daerah (Pemda) mempercepat realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024,” tutup Carles Ronsen. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini