Pemkab Lebong Akan Revitalisasi Jaringan Air Bersih, SR Digeratiskan

0
60
Pemkab Lebong Akan Revitalisasi Jaringan Air Bersih, SR Digeratiskan

Lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong menggelar Rapat Koordinasi Penerima Manfaat Sambungan Rumah (SR) di Ruang Rapat Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPR-P) Kabupaten Lebong sekira pukul 09.00 WIB. Rabu, 03 Juli 2024.

Bupati, Kopli Ansori melalui Pj. Sekda Lebong, Mahmud Siam menyampaikan, salah satu program yang disiapkan tahun ini adalah revitalisasi jaringan air bersih di wilayah Kecamatan Lebong Utara.

“Program yang direncanakan sesuai dengan yang visi-misi bupati, dan harus selesai,” ujar Mahmud.

Ia menambahkan, dalam rapat tersebut, dilakukan evaluasi menyeluruh dari beberapa kegiatan dan kondisi di lapangan saat ini. Mengingat sumber Air Musnau di wilayah Kecamatan Pinang Belapis, akan didistribusikan untuk masyarakat di Kecamatan Lebong Utara.

“Air Musnau yang akan didistribusikan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Lebong Utara,” tambah Mahmud.

Mahmud yakin, program revitalisasi SR Gratis tahun 2024 akan membantu masyarakat perkotaan dan pedesaan di daerah itu.

“Saya tekankan, bahwa untuk revitalisasi jaringan SR ini dicek betul. Jangan sampai, masih ada masyarakat yang mengeluhkan,” tutur Mahmud.

Selain itu, dijelaskannya pula bahwasanya pemasangan SR Gratis tersebut tidak turun setiap pada tahun dan hanya berlaku bagi masyarakat yang sudah terdaftar dan terverifikasi.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau masyarakat yang belum terakomodir untuk segera mendaftarkan diri sebagai calon penerima manfaat SR.

Pemkab Lebong Akan Revitalisasi Jaringan Air Bersih, SR Digeratiskan

“Intinya, pemasangan SR air yang kita ini gratis,” demikian Mahmud.

Sementara itu, Plt Kadis PUPR-P Lebong, Arman Yunizar melalui Kabid Cipta Karya, Mast Irawan menambahkan, pagu yang disiapkan untuk pemasangan jaringan SR Air Musnau ini sebesar Rp 5 miliar yang berasal dari APBD Tahun Anggaran 2024.

“Jaringannya akan melewati Kecamatan Pinang Belapis menuju Lebong Utara, dan sekarang dalam proses penggalian,” ucap Kabid.

Dia menambahkan, kuota yang disiapkan itu sebanyak 300 SR di wilayah Kecamatan Lebong Utara. “Untuk pemasangan water meter gratis, dan untuk airnya gratis selama enam bulan. Selama masa pemeliharaan,” tambah Mast Irawan.

Lebih jauh, ia juga memastikan, prioritas utama adalah pelanggan aktif yang belum memiliki water mater. Tujuannya agar pendistribusian air tidak bocor.

“Ini diprioritaskan untuk pelanggan lama yang tidak punya SR atau water mater. Harapan kita selain untuk penertiban juga untuk pembangunan baru,” tutup Mast Irawan.

Rapat dipimpin langsung Bupati Lebong, Kopli Ansori yang diwakilkan Penjabat Sekda Lebong, Mahmud Siam didampingi Asisten II Zulhendri, Plt Kadis PUPR-P Lebong, Arman Yunizar, Kabag Administrasi Pembangunan, Dery Gustian, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR-P, Mast Irawan.

Turut hadir perwakilan Bappeda, Direktur PDAM, Sekcam Lebong Utara, Ebonaparte, Plt Kabag Ekonomi, Nurbaity beserta undangan lainnya. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini