Gelar Pengendian, Dosen Ilmu Kelautan Unib Sosialisasi Budidaya Ikan dalam Ember 

0
141
Dosen Ilmu Kelautan Unib Sosialisasi Budidaya Ikan dalam Ember di Perumahan Taman Bentiring Residen

Kota Bengkulu – Anggota Tim Pengabdi yang berasal dari Ilmu Kelautan Universitas Bengkulu (Unib), melaksanakan Sosialisasi Budidaya Ikan dalam Ember di Masjid Al-Khoir Perumahan Taman Bentiring Residen. Sabtu, 08 Juli 2023.

Kegiatan sosialisasi tersebut berjalan bersamaan dengan pengajian rutin kelompok pengajian Al-Khoir dengan dihadiri oleh 24 orang peserta, materi mengenai budidaya ikan lele di dalam ember yang bisa dilakukan di pekarangan rumah yang mana meteri disampaikan oleh, Firdha Iresta Wardani, S.Tr. Pi., M.Si.

Menurut Ketua Tim Pengabdi, Anandyawati, S.P., M.Si, budidaya ikan dalam ember adalah teknik yang menggabungkan sistem budidaya tanaman sayuran dan budidaya ikan dalam satu tempat sebagai upaya untuk menunjang ketahanan pangan.

“Budidaya dengan Teknik ini tidak terlalu rumit, banyak kelebihan dan keuntungan yang didapat dengan budidaya dalam ember. Budidaya ikan dalam ember dapat menghemat karena tidak memerlukan listrik, tidak memerlukan banyak air dan suplai oksigen maupun sirkulasi air kolam. Pembuatan budikdamber ini tergolong cukup mudah dan sederhana,” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi tersebut berjalan bersamaan dengan pengajian rutin kelompok pengajian Al-Khoir dengan dihadiri oleh 24 orang peserta.

Lanjutnya, kegiatan tersebut amat bermanfaat sebagai wadah untuk meningkatkan kekompakan warga karena adanya kegiatan positif selama 4 bulan kegiatan pengabdian ini berlangsung.

Firdha salah seorang tim pengabdi mengatakan, setelah dilakukan kegiatan sosialisasi, juga telah dilakukan kegiatan praktek yakni pada Sabtu, 15 Juli 2023. Tim Pengabdi menyerahkan 1 buah ember besar dan 100 ekor bibit ikan lele yang berumur 3 minggu.

“Pemeliharaan lele ini berlangsung hingga tiga bulan kedepan, kegiatan rutin yang harus dilakukan adalah mengganti air secara rutin jika sudah sudah menimbulkan bau yang kurang sedap dan member makan lele secara teratur,” tegas Firdha.

Budidaya ikan dalam ember adalah teknik yang menggabungkan sistem budidaya tanaman sayuran dan budidaya ikan dalam satu tempat sebagai upaya untuk menunjang ketahanan pangan.

Kegiatan budidaya ikan dalam ember ini adalah salah satu dari tiga kegiatan utama Pengabdian Berbasis IPTEKS yang dilakukan oleh tim dosen dari Universitas Bengkulu. Kegiatan ini mendapatkan sambutan hangat dari warga perumahan.

Senada disampaikan, Atri Fahmi yang merupakan istri dari ketua RT perumahan tersebut,  kegiatan ini baru pertama kali ada diperumahan kami, dan kami berterimakasih kepada tim pengabdi atas informasi-informasi baru yang diberikan kepada kami.

“Kami juga mendapatkan bantuan berupa alat dan bahan serta bimbingan untuk mempraktekkan ilmu baru yang kami dapatkan, kami berharap kegiatan pengabdian pada masyarakat yang kami lakukan di perumahan ini memberikan manfaat bagi warga perumahan,” singkat Atri Fahmi. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini