Gelar Pelatihan, Dosen UNIB Olah Rimpang Alang-Alang Jadi Minuman Sehat

0
54
Gelar Pelatihan, Dosen UNIB Olah Rimpang Alang-Alang Jadi Minuman Sehat

Bengkulu Tengah – Universitas Bengkulu (UNIB) menggelar pengabdian masyarakat di Desa Pekik Nyaring, Kecamatan Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah. Kamis, 20 Juni 2024.

Bak gayung bersambut, ibu-Ibu yang tergabung dalam Tim PKK Desa tampak bersemangat mengikuti pelatihan pengolahan rimpang alang-alang menjadi minuman kesehatan tersebut.

Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut diselenggarakan oleh tim dari Universitas Bengkulu, dengan tujuan memberdayakan masyarakat dalam mengolah potensi alam sekitar menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai ekonomi tinggi.

Rimpang alang-alang, yang sering dianggap sebagai gulma tak berguna, ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan.

Gelar Pelatihan, Dosen UNIB Olah Rimpang Alang-Alang Jadi Minuman Sehat

Dalam pelatihan ini, para peserta diajarkan cara mengolah rimpang alang-alang menjadi minuman kesehatan yang kaya akan khasiat. Minuman ini dipercaya mampu membantu menurunkan tekanan darah, melancarkan pencernaan, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Menurut, Nur Lela Wati, selalu peserta pelatihan agenda tersebut berawal dengan sesi teori yang menjelaskan kandungan gizi dan manfaat kesehatan dari rimpang alang-alang.

“Tentu, kami peserta sangat antusias saat mengetahui bahwa tanaman yang selama ini mereka anggap sebagai gulma ternyata menyimpan banyak manfaat,” ujarnya.

Dikatakannya, sesi dilanjutkan dengan demonstrasi langsung cara pengolahan rimpang alang-alang menjadi minuman sehat. Mulai dari proses pencucian, pemotongan, perebusan, hingga siap saji.

Gelar Pelatihan, Dosen UNIB Olah Rimpang Alang-Alang Jadi Minuman Sehat

“Ini pengalaman baru yang sangat bermanfaat bagi kami, sebelumnya kami hanya tahu rumput alang-alang namun sekarang mengetahui cara mengolah alang-alang, dan juga bisa memanfaatkannya untuk kesehatan keluarga dan mungkin bisa dijual untuk tambahan penghasilan,” ucap Nur Lela Wati.

Senada disampaikan, Ketua Tim pengabdian masyarakat dari Universitas Bengkulu, Dr. Uswatun Nurjanah. Selain memberikan pengetahuan dan keterampilan baru, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi warga Desa.

Menurutnya, memanfaatkan Sumber Daya Alam yang ada di sekitar, diharapkan warga bisa menciptakan produk yang bernilai jual dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Kami berharap, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat Desa Pekik Nyaring,” kata Dr. Uswatun Nurjanah.

Gelar Pelatihan, Dosen UNIB Olah Rimpang Alang-Alang Jadi Minuman Sehat

Dikatakannya, pihaknya juga berencana untuk terus mendampingi warga dalam pengembangan produk ini, serta membantu dalam hal memasarkan hasil produksinya.

“Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk nyata dari komitmen Universitas Bengkulu dalam mendukung pemberdayaan masyarakat dan pemanfaatan potensi lokal. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan masyarakat bisa lebih mandiri dan kreatif dalam mengelola sumber daya alam yang ada di sekitar mereka,” tegasnya.

Sementara itu, Kasi Kesejahteraan Sosial, Sudarsih mewakili Kepala Desa Pekik Nyaring Noval Ananta, mengatakan pihaknya dan peserta berharap akan ada lebih banyak kegiatan serupa di masa mendatang yang bisa membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka.

“Dengan semangat kebersamaan dan inovasi, Desa Pekik Nyaring siap melangkah menuju masa depan yang lebih sehat dan sejahtera. Pelatihan ini bukan hanya sekedar transfer ilmu, tetapi juga langkah awal untuk perubahan yang lebih baik bagi masyarakat Desa,” ucapnya.

Gelar Pelatihan, Dosen UNIB Olah Rimpang Alang-Alang Jadi Minuman Sehat

Pihaknya juga mengapresiasi, ucapan terima kasih atas kunjungan Tim pengabdian dari UNIB disertai harapan kegiatan serupa ini terus berlanjut.

“Apresiasi tinggi, terima kasih kami haturkan atas ilmu yang telah diberikan kepada masyarakat kami. Kita berharap akan tumbuh kesadaran guna peningkatan tarap hidup masyarakat ke depannya,” singkatnya.

Untuk diketahui, kegiatan pelatihan pengolahan rimpang alang-alang menjadi minuman kesehatan ini mendapatkan sambutan yang sangat positif dari masyarakat Desa Pekik Nyaring.

Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan monitoring yang akan dilakukan oleh Ketua Tim Dr. Uswatun Nurjanah beserta anggotanya Dr. Nanik Setyowati dan Putri Mian Hairani, MSi. serta mahasiswa UNIB Daniel Fortigo Aprilio Siregar, Anam Ma’ruf, Amisah Patel Panjaitan, dan Muhammad Afif Fadhillah. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini