Bawaslu Lebong dan Tim Tertibkan APK dan APS

0
1017
Bawaslu Lebong dan Tim Tertibkan APK dan APS

Lebong – Tim gabungan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lebong, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan kepolisian, mulai menertibkan ratusan alat peraga sosialisasi (APS) dan menyerupai alat peraga kampanye (APK) milik peserta Pemilu 2024. Sabtu, 11 November 2023.

Penertiban dengan pencopotan ini dilakukan karena keberadaan APS tersebut melanggar aturan.

Anggota Bawaslu Lebong, Renaldo Saputro mengatakan, penertiban ini digelar selama tiga hari, atau terhitung tanggal 11 sampai 13 November 2023.

Untuk tanggal 11 November menyasar Kecamatan Tubei, kecamatan Lebong Atas, Kecamatan Amen dan Kecamatan Lebong Utara.

“Hari pertama sudah ada 213 APK dan menyerupai APS ditertibkan,” ujarnya.

Bawaslu Lebong dan Tim Tertibkan APK dan APS

Menurutnya, penertiban ini berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Lebong Nomor 03 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketertiban umum ketentraman masyarakat dan perlindungan masyarakat.

“Masing-masing caleg mendapatkan kesempatan mencopot sendiri, namun karena di jalanan masih banyak ditemukan, akhirnya disepakati untuk ditertibkan bersama,” ujarnya.

Lanjut dia menjelaskan, penertiban APK ini dalam rangka menjaga ketertiban dan ketentraman di masyarakat. Karena sebelumnya diawali dengan rapat koordinasi dengan pimpinan parpol soal penertiban alat peraga kampanye.

“Harapannya memang bisa ditertibkan sendiri, dengan harapan meningkatkan situasi wilayah di Lebong tetap kondusif. Tetapi, masih ada yang belum mengambil sehingga harus ditertibkan bersama-sama,” tutup Renaldo. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini