Aras Prabowo: SDGs Solusi Kemandirian Masyarakat Desa

0
178

Bogor – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) melaksanakan Seminar Menejemen Keuangan Desa dan Pendampingan UMKM (Pengembangan Bisnis Digital) di Aula Kantor Desa Candali. Sabtu, 23 Juli 2022.

Seminar tersebut guna merubah mindset masyarakat setempat dan membuka pikiran terkait perkembangan di era digitalisasi. Tahap awal dalam berkontribusi di ruang lingkup prioritas pemberantasan kemiskinan dan pengangguran serta memajukan perekonomian Desa Candali.

Muhammad Aras Prabowo, selaku Narasumber dan Ketua Program Studi Akuntansi Unusia memaparkan strategi pengembangan Desa dengan langkah
Sustainable Development Goals (SDGs).

Tahap awal kongkrit dan cepat menjadi pengusaha muda berbasis digital (E-Commerce) adalah materi yang disampaikan Syaikhul Umami serta pengalaman beliau mengenai prosesnya dalam merintis bisnis tersebut.

“Konsep Sustainable Development Goals (SDGs), merupakan solusi dalam membangun kemandirian ekonomi Desa” ujar Muhammad Aras Prabowo yang juga Dosen Pendamping Lapang (DPL) KKN Desa Candali.

Perangkat Desa dan masyarakat harus tujuan dan konsep SDGs dengan aksi agar dapat menemukan prioritas program yang dilaksanakan. “Salah satu program strategis adalah UMKM ” pungkas Kaprodi Akuntansi Unusia tersebut.

Syaikhuk Umami juga menjelaskan, selain dari mendapat keuntungan, manfaat dari berbisnis digital salah satunya adalah menciptakan lapangan kerja. Dengan begitu pengangguran dan kemiskinan bisa ditanggulangi di Desa Candali.

“Fasilitas digital yang sudah dibangun sedemikian rupa oleh negara, adalah peluang bisnis yang harus manfaatkan masyarakat Desa dengan mentransformasi pola pikir penyesuaian akan adanya kemajuan digitalisasi tersebut,” tegas Umami.

Seminar diharapkan mahasiswa turut berkontribusi dalam pendampingan tindak lanjut untuk kemajuannya UMKM bagi masyarakat di desa candali dengan potensi yang dimilikinya. Turut hadir Ketua-Ketua RW & RT, Perangkat Desa Candali, Tokoh Masyarakat, dan Komunitas UMKM di Desa Candali. Kegiatan berlangsung mulai pukul 9 s.d 12 siang dengan antusiasme peserta yang luar biasa. (Rls/PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini