Lebong Diguyur Hujan, Pemkab Ingatkan Waspada Berwisata Sungai

0
48
Lebong Diguyur Hujan, Pemkab Ingatkan Waspada Berwisata Sungai

Lebong – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengingatkan kesiapsiagaan masyarakat akan cuaca ekstrem saat akan berwisata pada masa libur natal 2023 dan tahun baru (nataru) 2024.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Lebong, Tantomi melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Fadil didampingi Kasubbid Pencegahan, Masayu Uminil Hana mengatakan, masyarakat yang berwisata di kawasan sungai, dan air terjun perlu waspada.

“Kewaspadaan ini penting sebagai safety (keamanan) awal kita,” ujarnya. Senin, 24 Desember 2023.

Untuk masyarakat yang berlibur di aliran sungai dan air terjun, katanya, terutama saat ini sedang tren berwisata air, jika terjadi hujan lebat lebih dari dua jam harus bersiaga.

Lebong Diguyur Hujan, Pemkab Ingatkan Waspada Berwisata Sungai

“Kalau terjadi hujan lebih dari 2 jam visibility kita kurang, maka segera dulu naik ke tempat yang lebih aman. Tunggu sampai hujan reda 1-2 jam, lihat apabila tidak terjadi peningkatan debit signifikan baru kita kembali lagi,” jelas Tantomi.

Kendati cuaca aman dan sungai stabil, tetap saja masyarakat harus waspada jika tiba-tiba berubah hingga muncul potensi cuaca buruk.

Menurutnya, para pengelola kelompok sadar wisata (Pokdarwis) harus siaga di lokasi wisata. Mengingat para pengunjung seketika main air.

“Kami imbau kepada pengunjung untuk berhati-hati saat berenang di sungai. Tidak menutup kemungkinan bila debit air naik agar tidak berenang ke tengah sungai, apalagi bagi pengunjung yang tidak bisa berenang,” demikian Tantomi. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini