Kalapas Kelas IIB Arga Makmur dan Jajaran Gelar HBP Ke-59 

0
123

Arga Makmur – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Arga Makmur Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bengkulu merayakan puncak Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59. Selasa, 02 Mei 2023.

Upacara Peringatan HBP ke-59 dilaksanakan secara virtual yang dipimpin langsung Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly diikuti seluruh jajaran Pemasyarakatan se- Indonesia.

Kalapas Arga Makmur, Luhur Pambudi memimpin langsung jajarannya bertempat di Aula Lapas Arga Makmur yang diikuti seluruh pejabat dan pegawai Lapas yang dilanjutkan dengan halal bihalal yang kemudian dilanjutkan dengan potong tumpeng sebagai rasa syukur.

Plt. Kakanwil Kemenkumham Bengkulu, Hermansyah Siregar mengatakan pihaknya telah mendengarkan arahan Bapak Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dengan tema HBP, Transformasi Pemasyarakatan Semakin PASTI BerAKHLAK, Indonesia maju.

“Menkumham pada HBP kali ini memberikan arahan kepada jajaran agar bertugas lebih profesional, melakukan transformasi permasyarakatan sesuai dengan UU yang baru, lebih inovatif, ber-AKHLAK, dan sebagai komponen bangsa tentu memajukan Indonesia lebih maju dan sejahtera,” ujarnya Plt. Kakanwil.

Kalapas Kelas IIB Arga Makmur dan Jajaran Gelar HBP Ke-59

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Yan Rusmanto menambahkan, HBP kali ini sangat istimewa dengan hadirnya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang permasyarakatan.

Menurutnya, pengesahan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan (UU PAS) menjadikan sistem pemasyarakatan yang semula hanya menjadi muara dari sistem peradilan pidana, kini harus bertransformasi. Selanjutnya, Kadivpas mengutip amanat Menteri Hukum dan HAM yang mengatakan

“Ini merupakan bentuk komitmen pemerintah Indonesia untuk menempatkan sebagai salah satu subsistem peradilan pidana Indonesia. Sistem Pemasyarakatan harus bergerak mulai dari tahapan pra adjudikasi, adjudikasi sampai dengan pasca-adjudikasi,” ujar Kadivpas.

Sementara Kalapas Arga Makmur, setelah pelaksanaan upacara secara virtual terpantau akrab bersama jajaran melakukan halal bihalal dan potong tumpeng bersama di Aula Lapas Arga Makmur.

“Selamat merayakan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 (27 April 1964 – 27 April 2023) dan pasca lebaran ini kami berharap kita semua saling bermaaf-maafan,” singkatnya Kalapas. (Rls/PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini