Gubernur Bengkulu Launching Aplikasi Cakepdah

0
151

Kota Bengkulu – Gubernur Bengkulu memimpin apel pagi bersama Biro Administrasi Pembangunan (Bangda) Setda Provinsi Bengkulu dan launching aplikasi Capaian Kinerja Pembangunan Daerah (Cakepdah) di Halaman Apel Kantor Gubernur. Senin, 31 Oktober 2022.

Hal tersebut dilakukan guna terciptanya kemudahan dalam mengakses informasi capaian kinerja pelaksanaan pembangunan yang merupakan kewenangan Provinsi Bengkulu.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menyampaikan, inovasi aplikasi Cakepdah diharapkan mampu menunjang percepatan prioritas pembangunan infrastruktur strategis daerah dalam rangka peningkatan konektivitas daerah, penyediaan akses, dan pemerataan sarana dan prasarana infrastruktur dasar masyarakat.

“Infrastruktur penghubung, PU, keciptakaryaan termasuk fasilitas pembangunan dasar seperti pendidikan, kesehatan karena hal tersebut yang paling real bisa dilihat perkembangannya,” ucap Gubernur.

Gubernur Rohidin menilai, capaian kinerja fisik dapat lebih kelihatan namun bukan berarti yang non fisik tidak penting.

Menurut Gubernur, inovasi dapat berjalan apabila memiliki SDM profesional dan punya kemampuan teknis di bidangnya, berbasis teknologi, dan selaras dengan regulasi yang ada.

Senada disampaikan, Kepala Biro Pembangunan Daerah Setda Provinsi Bengkulu, Abdul Hafiz, Cakepdah merupakan aplikasi geografis Provinsi Bengkulu berbasis website yang memuat informasi titik lokasi koordinat hasil pelaksanaan pembangunan dan kondisi eksisting hasil capaian kinerja pembangunan kewenangan provinsi Bengkulu.

“Aplikasi ini inovasi Biro Bangda, dengan lahirnya aplikasi tersebut dapat menciptakan kemudahan akses bagi seluruh masyarakat untuk meninjau progres pembangunan di Provinsi Bengkulu dalam sekali sentuh di aplikasi sekaligus terdapat kanal laporan masyarakat untuk lapor kondisi infrastruktur sesuai koordinat,” ujarnya.

Hal tersebut dilakukan guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya diperlukan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang terintegrasi.

“Wabsite nantinya menampilkan hasil pembangunan dan kondisi terkini pembangunan kewenangan Provinsi Bengkulu dalam periode 5 tahun kebelakang,” tutupnya. (Rls/PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini