Soal Kantor Lurah Ambruk, Tontomi: Tim Jitupasna Sudah Bergerak

0
22
Soal Kantor Lurah Ambruk, Tontomi: Tim Jitupasna Sudah Bergerak

Lebong – Setengah kantor Lurah Turan Lalang di Kelurahan Turang Lalang Kecamatan Lebong Selatan, Kabupaten Lebong, tergerus longsor hingga jatuh ke jurang sejauh 15 meter. Jum’at, 07 Juni 2024.

Sisa bangunan tersebut terlihat kondisinya membahayakan karena menggantung di tepi jurang.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong, Tantomi mengatakan penyebab lain karena struktur tanah labil, gampang jebol terkikis banjir bandang pada 16 April 2024 lalu.

“Karena kondisi kantor bertebing dan setengah bangunannya nyemplung ke jurang, dinding juga hancur berantakan,” kata Tantomi.

Ia memastikan, Tim Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitupasna) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong telah mendata dengan baik.

Soal Kantor Lurah Ambruk, Tontomi: Tim Jitupasna Sudah Bergerak

Terkait kabar yang menyebutkan Tim Jitupasna belum memverifikasi selama ini kabar tidak benar. Sebab, seluruh kerusakan itu diterimanya dari pemerintah desa lalu diverifikasi.

“Kalau ini sudah didata tim Jitupasna,” cetusnya.

Lebih jauh, untuk rehabitas gedung ini tidak masuk ke dalam dana bantuan tidak terduga (BTT). Sebab, dana BTT sifatnya untuk bantuan mendesak.

“Ini tidak prioritas di BTT karena BTT untuk kebutuhan warga langsung. Perbaikannya tidak mungkin melalui Dinas PUPR,” tuturnya. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini