Kapolri Lepas 11.300 Pemudik pada Tahap Ke Tiga

0
215

Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, melepas 11.300 pemudik tahap ke tiga dalam program “Mudik Gratis Polri 2022” dengan armada bus sebanyak 220, tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Timur di Parkiran Timur Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Jum’at, 29 April 2022.

Kapolri Sigit, mengungkapkan, tujuan dari program mudik gratis yaitu untuk membantu masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman dan juga untuk menekan kepadatan kendaraan pribadi di jalan.

“Kita prediksi tahun ini akan melonjak, sebab dua tahun lalu tidak dilakukan mudik”, ujar Kapolri.

Dari pantauan dilapangan, saat ini sudah terjadi peningkatan kendaraan. Rekayasa lalu lintas pun sudah diupayakan, mulai dari contra flow hingga One Way.

“Tadi malam kita lakukan rekayasa one way yang sebelumnya contra flow. One way dilaksanakan dari pukul 17.00 WIB sampai 24.00 WIB. Namun karena kondisi masih padat maka one way diperpanjang sampai menjelang sahur,” jelas Kapolri.

Selain itu, rekayasa contra flow dari KM 47 dan one way mulai KM 60 pun dilakukan, agar arus dari arah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat ke DKI Jakarta menuju ke wilayah Sumatera bisa berjalan lancar.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri Sigit juga menghimbau kepada masyarakat yang mudik agar tetap menjaga protokol kesehatan (prokes), serta melengkapi vaksinasi hingga tahap Booster jika belum dilakukan.

“Berkaca pada waktu lalu bahwa pasca Idul Fitri, natal dan tahun baru ada kecenderungan peningkatan Covid-19. Angka Covid-19 kita selama ini dijaga dengan baik. Positivity rate 0,58 dan angka harian 300-600, maka kita harus pertahankan. Mari mudik dengan aman namun sehat, agar pasca Idul Fitri angka Covid-19 bisa dikendalikan dan bisa berdampak pada pertumbuhan ekonomi kita,” tutup Sigit. (Tribrata News Bengkulu/ Cakra22)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini