Disnakertrans Lebong Terbitkan Ratusan Kartu Kuning

0
92
Disnakertrans Lebong Terbitkan Ratusan Kartu Kuning

Lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Lebong, memastikan pelayanan pembuatan Kartu Kuning atau yang sering disebut AK-1 di Kabupaten Lebong, tetap berjalan.

Kadis Nakertrans Kabupaten Lebong, Epan Gustanto melalui Kabid Ketenagakerjaan, Riko Tandean menyebutkan, saat ini sudah tercatat 107 sudah mengurus kartu AK-1.

Dari ratusan lembar AK1 yang diterbitkan didominasi untuk digunakan sebagai persyatatan Tenaga Harian Lepas Terdaftar (THLT) di daerah itu.

“Total pemohon ada 107 orang per tanggal 12 Januari,” kata Riko. Jum’at, 12 Januari 2024.

Plt. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lebong Beny Kodratullah

Dia menyatakan, untuk proses pembuatan kartu kuning saat ini dipermudah, dan dalam pengurusan tersebut, para pemohon tidak perlu waktu lama menunggu.

“Waktu pengurusan jika lengkap persyaratan, cukup 10 menit kita proses,” bebernya.

Dia mengutarakan, kartu kuning merupakan kartu tanda pencari kerja yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintah, Dinas Nakertrans. Syaratnya berupa akun siap kerja, fotocopy KTP, fotocopy ijazah terakhir dilegalisir, pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar, dan pas foto 4×6 sebanyak 1 lembar.

Lebih jauh, animo masyarakat begitu tinggi untuk mendapatkan AK-1 menyusul adanya sejumlah perusahaan maupun instansi yang kembali menyerap tenaga kerja.

“Ada juga untuk keperluan lainnya. Tapi sebagian besar yang buat tahun ini untuk perpanjangan (THLT),” pungkasnya. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini