“Genjot” MT-II Tahun 2023, Pemkab Lebong Anggarkan 4,5 M Bangun Irigasi Tersier

0
1340

Lebong – Pemkab Lebong melalui dinas pertanian dan perikanan kabupaten Lebong (Disperkan) tahun ini kembali mengagarkan dana untuk pembanggunan jaringan irigasi tersier. Demi kesejahteraan para petani dan mendorong perluasan hamparan MT-II tahun 2023 Disperkan kembali mengalokasikan anggaran sebesar 4,5 milyar.

Kepala Disperkan Kabupaten Lebong, Hedi Parindo mengungkapkan, tahun ini Pemda Lebong melalui pihaknya kembali menggarkan dana Rp 4,5 milyar untuk membangun irigasi tersier, anggaran tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Lebong tahun 2023.

“Tahun Ini Pemkab kembali membangun irigasi tersier dengan pagu Rp 4,5 Miliar yang bersumber dari APBD Lebong, anggaran tersebut nanti di peruntukan untuk 20 paket irigasi tersier,” beber Hedi terhadap awak media belum lama ini.

Lanjut Hedi menjelaskan, untuk titik daerah irigasi (DI) akan difokuskan di areal persawahan yang paling luas. Mulai dari Kecamatan Lebong Selatan, Bingin Kuning, Lebong Sakti, Lebong Tengah, Amen, Lebong Utara, dan Kecamatan Uram Jaya.

“Keberhasilan dan sukses melaksanakan MT-II tahun 2022 lalu, ternyata menarik minat para petani untuk melaksanakan MT-II secara serentak tahun 2023. Salah satu kendala yang di hadapi masalah irigasi untuk itu kami akan fokus bangun irigasi, khususnya jaringan irigasi tersier,” jelas Hedi.

Lanjut Hedi menambahkan, untuk mempermudah masyarakat mengelola lahan persawahan, maka perlu di lakukan pembangunan irigasi sesuai usulan masyarakat, ataupun kelompok tani. Apabila ada wilayah yang belum tersentuh, silahkan di usulkan nanti akan kita masukkan menjadi skala prioritaskan tahun anggaran berikutnya.

“Irigasi yang dibangun itu merupakan usulan dari masyarakat, ataupun kelompok tani untuk memudahkan petani mendapatkan air dalam mengolah lahan mereka,” jelas Hedi.

Tambah Hedi menyampaikan, dengan di anggarkan pembangunan irigasi tersier ini, selain mempermudah para petani dalam mengelola lahan pertanian di harapkan juga mampu meningkatkan dan mensukseskan program MT-II pada tahun 2023 ini, baik itu luwas hamparan sawah yang ikut program MT-II maupun hasilnya dan pada akhirnya bisa menjadikan masyarakat lebong menjadi bahagia dan sejahtera. (ABE)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini