Prodi Agribisnis Unib Membina Desa: Penyuluhan Budidaya Ikan Lele Metode Bioflok di Desa Talang Sebaris

0
179

Rejangtoday.com – Protein merupakan salah satu zat gizi yang dibutuhkan tubuh manusia. Protein dapat diperoleh dari tumbuhan (protenian nabati) dan hewan (protein hewani). Menurut Diana (2009), dalam 100 gram bahan makanan yang bersumber dari hewan lebih banyak mengandung protein jika dibandingkan dengan 100 gram bahan makanan yang bersumber dari tumbuhan.

Salah satu sumber protein hewani adalah ikan. Tingkat konsumsi ikan oleh masyarakat Provinsi Bengkulu cukup tinggi. Tercatat pada tahun 2021 konsumsi ikan oleh masyarakat Provinsi Bengkulu mencapai 46,21 kg/kapita/tahun. Angka tersebut merupakan agregat jumlah konsumsi ikan di Provinsi Bengkulu (Kementerian Kelauatan dan Perikanan, 2022).

Masyarakat Desa Talang Sebaris Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma mengganggap kondisi tersebut sebagai sebuah peluang pasar yang harus dimanfaatkan. Mereka tertarik untuk menggeluti usaha budidaya perikanan, khususnya budidaya ikan lele di kolam terpal. Usaha ini dipilih karena dapat dilakukan di lahan pekarangan yang sempit sekalipun. Meskipun demikian saat ini mereka merasa belum menguasai teknik budidaya tersebut.

Universitas Bengkulu mencoba membantu menjawab permasalahan yang dihadapi masyarakat Desa Talang Sebaris. Sebagai wujud pengabdiannya, dosen Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu melakukan kegiatan penyuluhan tentang budidaya ikan lele di kolam terpal dengan metode bioflok. Acara tersebut dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Talang Sebaris pada pada hari Minggu, 23 Oktober 2022. Ibu Yun Waryanti selaku Kepala Desa membuka secara resmi acara tersebut dan dilanjutkan dengan materi penyuluhan. Penyampaian materi dilakukan oleh Ibu Maya Angraini FU, S. Pi., M. Si dan dipandu oleh Bapak Agung Trisusilo, SP., MP.

Peserta yang hadir dalam acara tersebut merupakan perwakilan kelompok tani Desa Talang Sebaris yang akan menjalankan usaha budidaya lele di pekarangan rumah mereka. Semua peserta menyimak seluruh materi yang diberikan oleh Ibu Maya. Mereka sangat antusias mengikuti acara ini yang ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan ketika sesi tanya jawab berlangsung. Namun antusiasme peserta tersebut tidak dapat dijawab seluruhnya pada saat itu karena keterbatasan waktu. Oleh karena itu Ibu Maya memberikan kesempatan kepada seluruh peserta yang hadir untuk bertanya terkait teknis budidaya lele dan kendala yang dihadapi selama pelaksanaan melalui pesan singkat atau telepon di luar acara resmi ini.

Di akhir acara Dr. Indra Cahyadinata, SP., M. Si mewakili Program Studi Agribisnis menyerahkan secara simbolis bantuan kepada Desa Talang Sebaris. Bantuan tersebut tersebut berupa waring yang dibutuhkan dalam aktivitas budidaya lele. Pada saat itu disampaikan pula tentang tawaran kepada Desa Talang Sebaris untuk menjadi desa Binaan Prodi Agribisnis. Ibu Yun Waryanti selaku Kepala Desa Talang Sebaris menerima bantuan tersebut dan mengucapkan terimakasih atas kontribusi serta tawaran kerjasamanya, dan menyampaikan akan mendiskusikan tawaran tersebut kepada pengurus desa.

Sumber:
Diana, F. M. (2009). Fungsi dan Metobolisme Protein dalam Tubuh Manusia. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4 (1) , 47-52.
Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2022). Angka Konsumsi Ikan. Retrieved Mei 25, 2022, from Statistik-KKP: https://statistik.kkp.go.id/home.php?m=aki&i=209

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini