Gangdeng Kaum Marjinal, PC Lakpesdam NU Purwakarta Gelar Public Speaking

0
86
Gangdeng Kaum Marjinal, PC Lakpesdam NU Purwakarta Gelar Public Speaking

Purwakarta – Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Purwakarta melalu program Sekolah Lapang Desa Cibukamanah menyelenggarakan pelatihan Public Speaking untuk kaum marginal dan kaum rentan di Aula Desa Cibukamanah. Sabtu, 21 Oktober 2023.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri dan didukung oleh Kepala Desa (Kades) Cibukamanah, Eni Kurniati, dan tim program P3PD Lakpesdam PCNU Kabupaten Purwakarta.

Kades Cibukamanah, Eni Kurniati mengatakan, materi kegiatan Public Speaking langsung disampaikan olehnya. Acara berlangsung dengan lancar dan disambut meriah oleh anggota Sekolah Lapang.

“Kegiatan ini merupakan realisasi nyata dari usulan anggota Sekolah Lapang Desa Cibukamanah yang dimasukan dalam RKPDes, jadi acara ini tindak lanjutnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, kedepan pohaknya tidak hanya akan membuat kegiatan peningkatan softskill tapi juga skill. Mengingat banyaknya potensi alam maupun SDM Desa Cibukamanah yang potensial untuk dikembangkan.

Gangdeng Kaum Marjinal, PC Lakpesdam NU Purwakarta Gelar Public Speaking

“Dalam kesempatan, Alhamdulillah syukur dihadiri anggota Sekolah Lapang sebanyak 25 orang,” tegasnya.

Lanjutnya, Desa Cibukamanah sendiri merupakan salah satu desa dari empat Desa di Kabupaten Purwakarta yang masuk dalam Program Penguatan Pemerintah Desa (P3PD), yakni buah kerjasama Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bersama Lakpesdam PBNU.

“Fokus utama program yaitu, desa inkulsif dan akuntabilitas sosial, di mana warga desa dengan kategori kaum marginal, kaum rentan, dan disabilitas diwadahi dalam satu wadah bernama Lembaga Sekolah Lapang,” pungkasnya.

Berbagai pelatihan peningkatan kapasitas kaum marginal, kaum rentan, dan disabilitas Desa Cibukamanah dimotori oleh Pengurus Lembaga Sekolah Lapang.

“Selain peningkatan kapasitas, Lembaga Sekolah Lapang juga berfungsi untuk membangun kesadaran pentingnya inklusifitas di desa dan keterbukaan mengenai informasi perencanaan pembangunan desa, keterlibatan warga dalam pelaksanaan pembangunan, maupun evaluasi pembangunan Desa,” tutupnya.

Gangdeng Kaum Marjinal, PC Lakpesdam NU Purwakarta Gelar Public Speaking

Hal senada disampaikan Ketua Lakpesdam PCNU Kabupaten Purwakarta, Pupu Tarpuhawa, tujuan Kegiatan tersebut untuk mendorong anggota Sekolah Lapang pro-aktif dalam menyampaikan aspirasi kaum marginal, kaum rentan, dan disabilitas. Agar masuk dalam kebijakan pembangunan di Desa, goals-nya nanti adalah supaya tercipta inklusifitas di lingkungan Desa Cibukamanah.

“Modal dasarnya, seluruh anggota Sekolah Lapang harus tangkas dalam menyampaikan gagasan, maka inilah kegiatan pelatihan yang kita buat,” ujar Pupu Tarpuhawa.

Untuk diketahui, kegiatan pelatihan public speaking berlangsung pagi pukul 08:00 WIB hingga pukul 14:00 WIB. Acara diakhiri dengan nga liwet besama seluruh anggota Sekolah Lapang dan elemen yang terlibat.

Adapun Penggerak atou Pendamping Program Penguatan Pemerintah Desa (P3PD) NGO LAKPESDAM di Kabupaten Purwakarta ada Tiga Orang diantaranya Pupu Tarpu Hawa, M.Zaki Yusuf, Faqih Jauhari.

PC Lakpesdam Purwakarta dalam hal ini Sekaligus menyambut Perayaan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2023 di Kabupaten Purwakarta. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini