Buat Pelatihan SPSS, HIMA Akuntansi Komitmen Dorong Mahasiswa UNUSIA Lulus Tepat Waktu

0
114

Jakarta – Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA Aksi) Program Studi (Prodi) Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) melaksanakan pelatihan Statistikal Package for the Social Sciens (SPSS) kepada mahasiswa UNUSIA. Kegiatan dilaksanakan di Kampus I UNUSIA Jl. Taman Amir Hamzah No. 5, Jakarta Pusat. Minggu, 29 Januari 2023.

Kegiatan dihadiri oleh Ketua Prodi Akuntansi Unusia Muhammad Aras Prabowo, Sekretaris Prodi Akuntansi sekaligus Narasumber Habsyah Fitri Aryani, Ketua HIMA Aksi Siti Marhamah dan puluhan peserta pelatihan. Selain mahasiswa Akuntansi tingkat akhir, juga hadir mahasiswa semester 5 dan mahasiswa dari Prodi Ekonomi Syariah Unusia. Hadir juga beberapa alumni Akuntansi UNUSIA untuk membimbing langsung ade-ade mereka dalam pelatihan SPSS.

Ketua HIMA Aksi dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan pelatihan ini untuk memberikan gambaran kepada para peserta pelatihan dalam mengoprasikan SPSS, khususnya dalam menyusun tugas akhir/skripsi.

“Pelatihan ini merupakan komitmen HIMA Aksi dalam mewujudkan cita-cita Prodi Akuntansi dalam meluluskan mahasiswa Akuntansi dan UNUSIA tepat waktu,” terang Siti.

Sambung Muhammad Aras Prabowo, “Pengelola Prodi Akuntansi mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada HIMA Aksi atas inisiasinya membuat pelatihan SPSS, ini sangat penting bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun tugas akhir/skripsi” jelas Aras.

Suasana saat pelatihan berlansung

“Kami mengajak seluruh eleman Prodi Akuntansi untuk berkolaborasi dalam mendorong kemajuan Akuntansi Unusia. Salah satu tantangan Prodi Akuntansi saat ini adalah presentase lulusan tepat waktu masih minim. Rata-rata lulusan Akuntansi UNUSIA 9 s.d semester 11, kegiatan pelatihan SPSS ini adalah konstribusi real HIMA Aksi untuk mendorong lulusan tepat waktu” apresiasi Kaprodi Akuntansi kepada HIMA Aksi.

“Saya yakin, semester 7 saat ini bisa lulus tepat waktu bahkan saya yakin bisa lulus sebelum 8 semester,” terangnya.

Habsyah Fitri Aryani dalam pelatihan SPSS meminta terlebih dahulu meminta seluruh peserta pelatihan untuk menginstal aplikasi SPSS di Laptop masing-masing. Menurutnya pemahaman mahasiswa terhadap pengoprasian SPSS sangat penting untuk menunjang mahasiswa dalam Menyusun tugas akhir.

“SPSS sangat penting bagi mahasiswa dalam menyusun skripsi, apalagi sebagian besar penelitian mahasiswa akuntansi menggunakan metode kuantitatif yang mengharuskan pengolahan datanya mengunakan SPSS,” jelas Habsyah.

“Meskipun dalam penyusunan skripsi bisa menggunakan dua metode, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Prodi Akuntansi tidak mengharuskan salah satu metode, akan tetapi mahasiswa diberi keleluasaan dalam memilih metode sesuai dengan konteks penelitian mereka,” jelasnya kepada seluruh peserta penelitian. (Rls/PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini