Bantu Warga Miskin, Kades Karya Pelita Salurkan BLT DD

0
141

Arga Makmur – Pemerintah Desa (Pemdes) Karya Pelita Kecamatan Marga Sakti Sebelat Kabupaten Bengkulu Utara menggelar penyaluran Bantuan Lansung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Aula Kantor Desa Karya Pelita. Rabu, 12 April 2023.

Kepala Desa (Kades) Karya Pelita, Ferdino Mustika, S.T mengatakan, penyaluran tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Nomor 08 Tahun 2023
tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023.

“Selain sesuai Permedes PDTT No 08 Tahun 2022, penyaluran tersebut juga sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 201 berkaitan dengan Penggunaan Dana Desa di Tahun ini,” ujar Kades Dino.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) berkenaan dengan penetapan penerima manfaat DLT DD yang merujuk pada Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

“Sebelumnya telah dilaksanakan Musdessus yakni pada (06/02/2023) lalu, hal hasil ditetapkan 21 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD,” pungkasnya.

Penyaluran BLT DD tersebut dilakukan 3 bulan sekaligus, yakni Januari, Februari dan Maret. Untuk besarannya sendiri Rp 300 ribu perbulan jika ditotal KPM kali ini menerima Rp 900 ribu.

Pada kesempatan itu Kades Dino juga mengajak warganya agar selalu bergandengan tangan dalam upaya menyukseskan program di masa Pemerintahannya.

Pemdes Karya Pelita menyalurkan Bantuan Lansung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Aula Kantor Desa

“Dalam rangka mewujudkan Desa Karya Pelita yang Religius maka, kami meminta para orang tua dan masyarakat agar mengarahkan anak-anaknya untuk mengaji. Program Wajib Mengaji bagi anak usia dini sampai Menengah Atas (SMA) dimaksudkan guna menghapus buta baca Al-Qur’an dan dalam rangka menjaga Akhlak Generasi Bangsa,” tegasnya.

Program tersebut salah satu program unggulannya, lahir dari keprihatinannya terhadap generasi Karya Pelita yang banyak masih belum bisa membaca Al-Qur’an bahkan rumah ibadah (masjid) masih didominasi para orang tua.

“Kita bertekad menghidupkan majlis-majlis ilmu baik di rumah ibadah (masjid), Mushola dan TPA lingkungan Karya Pelita. Guru mengaji kita siapkan dan diberi insentif bahkan kedepan kita akan tambah guru mengajinya, pembangunan infrastruktur penting tapi ada yang lebih penting yakni pembangunan suprastruktur,” tutupnya.

Sementara itu, Koordinator Kecamatan (Korcam) Pendamping Desa Marga Sakti Sebelat, Insarwan, S.T saat diminta keterangan mengajak masyarakat penerima BLT DD untuk menggunakan uangnya secara bijak.

“Pergunakan uangnya dengan baik, yang sakit untuk berobat dan untuk membali kebutuhan pokok sehari-hari. Sesuai alokasinya, setiap KPM akan mendapatkan BLT DD sebanyak 12 bulan,” ujar Insarwan.

Pihaknya akan terus mendorong setiap Desa di Marga Sakti Sebelat agar melakukan percepatan penyalurannya, terutama dari sisi administrasi agar tidak terjadi kendala.

Dalam kesempatan itu hadir juga, Sekretaris Kecamatan (Sekcam), Sulis Tiyaningsih, S.Pt TNI/Polri, Pendamping Desa (PD) Doni, Ag Subrata, S.E Pendamping Lokal Desa (PLD) Ahmad Fauzan, S.E dan tamu undangan beserta KPM penerima BLT DD. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini