Launching Layanan Haemodialisasi, Bupati Kopli: Operasi Katarak Gratis

0
62
Launching Layanan Haemodialisasi, Bupati Kopli: Operasi Katarak Gratis

Lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) secara resmi melaunching layanan Haemodialisasi (HD) atau cuci darah sekaligus membuka kegiatan operasi katarak gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lebong sekitara pukul 09.00 WIB. Jum’at, 05 Juli 2024.

Acara dibuka langsung Bupati Lebong, Kopli Ansori didampingi Ketua DPRD Lebong, Carles Ronsen, Penjabat Sekda Lebong, Mahmud Siam, Kajari Lebong Evi Hasibuan, perwakilan Bank Bengkulu Muara Aman.

Turut hadir, Dandim 0409 Rejang Lebong yang diwakilkan Danramil 409-02 L/s Lettu Inf Efrizal, Plt Direktur RSUD Lebong, Rachman beserta jajaran, Kepala OPD, dan camat-sekabupaten Lebong.

Dalam sambutannya, Bupati Lebong, Kopli Ansori menyampaikan, sebagaimana diketahui penyakit katarak ini dapat mengakibatkan seseorang bisa mengalami kebutaan. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang menderita penyakit katarak ini harus segera mendapatkan pengobatan.

Launching Layanan Haemodialisasi, Bupati Kopli: Operasi Katarak Gratis

“Untuk itulah sebagai langkah strategis dalam upaya membantu dan meringankan beban masyarakat bagi penderita katarak, perlu kiranya kita melaksanakan kegiatan operasi katarak secara gratis,” sebut Bupati.

Disisi lain, Politisi PAN ini juga menyebutkan, RSUD Lebong sudah bisa melayani pasien yang memerlukan layanan HD atau cuci darah. Persiapan untuk pelayanan Unit HD sudah cukup lama kurang lebih dua tahun. Dari tahun 2022, yang meliputi penyiapan sumber daya manusia, persiapan gedung dan peralatan, serta pencatatan administrasi perizinan.

Berdasarkan hasil data pada saat ini, layanan HD RSUD Lebong terdapat 18 orang pasien yang akan dilayani. Dimana pasien-pasien ini biasanya mendapatkan layanan di daerah tetangga.

“Hal ini tentu bukan saja sebagai tanggungjawab kita, akan tetapi ini adalah sebuah keharusan sebagai bentuk kepedulian sosial dan rasa kemanusiaan dalam rangka upaya terpadu kita mewujudkan Kabupaten Lebong yang sehat, bahagia dan sejahtera,” demikian Bupati. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini