Ajak Masyarakat MT-III, Upaya Bupati Kopli Cegah Dampak El-Nino

0
1053
Bupati Lebong, Kopli Ansori Ajak Masyarakat MT-III, Upaya Cegah Dampak El-Nino

Lebong – Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) terus berupaya mengantisipasi dampak El-Nino yang diprediksi akan menurunnya ketahanan pangan di Indonesia dan Dunia. Antisipasi tersebut Pemkab lakukan dengan mengajak masyarakat untuk menanam kembali sawahnya yang telah usai Musim Taham kedua (MT-II).

Permintaan tersebut dikatakan Bupati Lebong, Kopli Ansori, disela-sela Panen Raya MT-II di Desa Nangai Tayau 1 Kecamatan Amen. Kamis, 05 Oktober 2023.

“Kami mengajak masyarakat Lebong, agar bulan November ini segera turun tanam kembali. Itu mengingat jangan sampai kita terdampak. Kalau prediksi kemarau berakhir di bulan Maret. Saya berharap masyarakat akan kembali turun kembali di bulan November ini,” tuturnya.

Politisi PAN ini mengungkapkan, di daerah tersebut terlihat masih terdapat air yang mengairi lahan pertanian milik warga. Meskipun, sejumlah titik mengalami kekeringan.

Ajak Masyarakat MT-III, Upaya Bupati Kopli Cegah Dampak El-Nino

Dalam kesempatan tersebut bupati mengajak semua pihak untuk bergotong royong menyelesaikan permasalahan kekeringan, mengingat Kabupaten Lebong banyak Daerah Aliran Sungai (DAS).

“Potensi sumber daya air untuk mengairi persawahan dalam satu sampai dua bulan ini masih ada. Namun, masih ada juga daerah yang berdampak mengalami kekeringan. Tapi tidak semuanya. Ada 60 persen yang masih teraliri air,” ungkap Kopli.

Ia menambahkan, jadwal turun tanam serentak pada bulan November mendatang adalah salah satu upaya untuk antisipasi terjadinya gagal panen karena kekeringan pada musim berikutnya.

“Kami meminta bulan November ini. Karena potensi air masih ada. Kalau dua bulan, sawah masih teraliri air, saya pastikan masyarakat akan ikut panen. Tetapi, ketika sawah sebulan tanpa air, maka dipastikan gagal panen. Tetapi, sebaliknya kalau kita turun bulan 11, potensi air masih ada,” tutup Kopli. (PMS20)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini